PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA LAMPUNG POKOK BAHASAN MENULIS AKSARA LAMPUNG KELAS IV SD/MI

FAHMI, ALIA (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA LAMPUNG POKOK BAHASAN MENULIS AKSARA LAMPUNG KELAS IV SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FAHMI ALIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD Bahasa Lampung pokok bahasan menulis aksara Lampung yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan. Subjek penelitian ini adalah LKPD Untuk Mata Pelajaran Bahasa Lampung Pokok Bahasan Menulis Aksara Lampung Kelas IV SD/MI. Metode penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluasi). Pengumpulan data dilakukan dengan cara walkthrought, observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD ini dinyatakan valid setelah divalidasi oleh enam validator yang di peroleh dengan kriteria sangat layak. Hasil penelitian yang didapatkan adalah kelayakan LKPD Bahasa Lampung pokok bahasan menulis aksara Lampung berdasarkan penilaian ahli dikriteriakan sangat layak, dengan persentase validasi ahli media 91% dan ahli materi 94%. Pendidik dan peserta didik memberikan respons positif terhadap kemenarikan LKPD sebagai media pembelajaran, dengan persentase respon pendidik 91,8%, uji kelompok kecil 89,6%, dan uji lapangan 89,6%. Pengembangan LKPD dinyatakan sangat layak dan mendapatkan respon positif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan , LKPD, Bahasa Lampung. iv ABSTRAK This study aims to produce LKPD Lampung Language the subject matter of writing Lampung script that is valid, practical, and effective. The type of research used is development. The subject of this study is LKPD for Lampung Language Subjects, Subject Matter of Writing Lampung Script Class IV SD/MI. The development research method used in this study is the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) model. Data collection is carried out by walkthrought, observation, interview, and questionnaire. The results showed that this LKPD was declared valid after being validated by six validators obtained with very feasible criteria. The results of the research obtained were the feasibility of LKPD Lampung language the subject matter of writing Lampung script based on expert assessment is very feasible, with a percentage of validation of media experts 91% and material experts 94%. Educators and students responded positively to the attractiveness of LKPD as a learning medium, with a percentage of educator responses of 91.8%, small group tests of 89.6%, and field tests of 89.6%. The development of LKPD was declared very feasible and received a positive response to be used as a learning medium. Keywords: Development, LKPD, Lampung Language.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Feb 2023 06:45
Last Modified: 09 Feb 2023 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23080

Actions (login required)

View Item View Item