PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA SMP

AMALIA, WAHYU NUGRAHENI (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA SMP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2&dapus.pdf] PDF
Download (17MB)
[thumbnail of Full Skripsi Amalia Wahyu Nugraheni.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh siswa untuk mengatasi suatu permasalahan dalam matematika. Berdasarkan pra penelitian yang sudah dilakukan, rendahnya pemecahan masalah matematis siswa karena strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi. Salah satu solusi untuk meningkatkan pemecahan masalah matematis siswa yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate berbantuan media kartu soal terhadap pemecahan masalah matematis, (2) mengetahui pengaruh minat belajar terhadap pemecahan masalah matematis, (3) mengetahui interaksi antara stategi pembelajaran Lightening The Learning Climate berbantuan media kartu soal dan minat belajar terhadap pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian ini yaitu Quasy Experiment Design. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VII SMPN 2 Trimurjo. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas dari 5 kelas yang dipilih secara acak menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes pemecahan masalah matematis dan angket minat belajar. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Anava Dua Jalan dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis hipotesis pertama nilai p�value 0,000 ˂ 0,05, sehingga ditolak, hipotesis kedua nilai p�value 0,000 ˂ 0,05, sehingga ditolak, hipotesis ketiga nilai p�value 0,428 > 0,05, sehingga diterima. Berdasarkan hasil perhitungan analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate berbantuan media kartu soal terhadap pemecahan masalah matematis; (2) terdapat pengaruh minat belajar terhadap pemecahan masalah matematis; (3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate berbantuan media kartu soal dan minat belajar siswa terhadap pemecahan masalah matematis. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate, Media Kartu Soal, Pemecahan Masalah Matematis, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:20
Last Modified: 09 Feb 2023 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23066

Actions (login required)

View Item View Item