EFEKTIVITAS PEMBERLAKUAN PERATURAN PEMERINTAH NO.48 TAHUN 2014 TERHADAP BIAYA PENCATATAN NIKAH DI KUA KECAMATAN GADINGREJO PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

Citra, Melinia Putri (2023) EFEKTIVITAS PEMBERLAKUAN PERATURAN PEMERINTAH NO.48 TAHUN 2014 TERHADAP BIAYA PENCATATAN NIKAH DI KUA KECAMATAN GADINGREJO PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI Citra Melinia Putri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pernikahan adalah suatu kebutuhan setiap manusia seperti halnya makan dan minum. Pada awal ajaran Islam mulai disebarluaskan memang tidak ada pencatatan pernikahan, kemudian berbagai pertimbangan kemaslahatan muncul sehingga seiring berjalannya waktu dibuatlah pencatatan pernikahan. Apabila pernikahan tidak dicatatkan maka akan menyebabkan berbagai masalah hukum. Dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang pernikahan disebutkan bahwa tiap-tiap pernikahan harus dilakukan menurut ketentuan agama dan harus dicatatkan. Peraturan tentang pernikahan tidak berhenti pada kewajiban mencatatkan pernikahan saja, namun menjelaskan tentang biaya pelaksanaan pernikahan. Maka berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2014 tentang tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku di Kementerian Agama disebutkan bahwa biaya pencatatan nikah sebesar Rp.600.000,- jika dilakukan di luar KUA dan Rp.0,- atau gratis jika dilakukan di dalam KUA. Namun dalam praktik dilapangan biaya yang harus dikeluarkan oleh pengantin lebih besar dari apa yang sudah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah tersebut. Penelitian ini difokuskan pada dua pokok permasalahan, pertama bagaimana efektivitas Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2014 terhadap biaya pencatatan nikah di KUA Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu? Kedua, bagaimana efektivitas Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2014 tentang biaya pencatatan nikah perspektif hukum Islam?. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yaitu melalui wawancara dan dokumentasi. Data primer diperoleh dari mewawancarai 5 orang yaitu kepala KUA, penghulu,2 orang pengantin dan 1 orangtua dari pengantin yang mendaftarkan pernikahannya di KUA Kecamatan Gadingrejo. Sedangkan dokumentasi diperoleh dari profil KUA Kecamatan Gadingrejo dan lampiran lainya yang berkaitan. Hasil dari penelitian ini adalah efektivitas Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2014 di KUA Kecamatan Gadingrejo kurang berjalan dengan efektif, karena pengantin masih harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar aparatur desa, namun pembayaran tersebut langsung diberikan kepada aparatur desa tanpa melalui pihak KUA. Sedangkan efektivitas Peraturan Pemerintah no. 48 Tahun 2014 tentang biaya nikah perspektif hukum Islam masih belum efektif karena belum sesuai dengan konsep maslahah dalam hukum Islam dan tidak sesuai dengan tujuan dari maslahah yaitu menjaga harta, agama dan keturunan. Kata Kunci: Efektivitas, Peraturan Pemerintah No.48 tahun 2014, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Feb 2023 06:42
Last Modified: 08 Feb 2023 06:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23060

Actions (login required)

View Item View Item