TINJAUAN FIQH SIYASAH TENTANG UPAYA PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGENDALIAN PENCEMARAN UDARA PT. SWEET INDO LAMPUNG (Studi di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulang Bawang)

RENDY, GUMELAR ERYESMA ANWAR (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TENTANG UPAYA PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGENDALIAN PENCEMARAN UDARA PT. SWEET INDO LAMPUNG (Studi di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulang Bawang). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RENDY GUMELAR ERYESMA ANWAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pengendalian pencemaran udara merupakan kegiatan berupa upaya pencegahan atau penanggulangan pencemaran udara dan pemulihan mutu udara. Kegiatan yang dilakukan oleh Perusahaan Perseroan Terbatas Sweet Indo Lampung menimbulkan dampak bagi lingkungan sekitar khususnya penduduk setempat yaitu berupa pencemaran udara akibat pembakaran tebu. Kegiatan tersebut melanggar Peraturan Daerah Provinsi Lampung No. 20 Tahun 2014 tentang Pengendalian Pencemaran Udara dikarenakan pembakaran lahan tebu untuk pembersihan lahan yang menyebabkan pencemaran udara dan melanggar Undang- Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan lingkungan Hidup Pasal 1 angka 1 merupakan kesatuan ruang dari semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan prilakunya, yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan prikehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.Namun disisi lain Pemerintah Daerah yang dalam hal ini adalah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulang Bawang telah melakukan upaya-upaya pengendalian. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana upaya Pemerintah Daerah dalam pengendalian pencemaran udara di Perseroan Terbatas Sweet Indo Lampung dan bagaimana tinjauan Fiqh Siyasah terhadap upaya Pemerintah Daerah dalam pengendalian pencemaran udara di Perseroan Terbatas Sweet Indo Lampung. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya Pemerintah Daerah dalam pengendalian pencemaran udara dan untuk mengetahui tinjauan Fiqh Siyasah terhadap upaya Pemerintah Daerah dalam pengendalian pencemaran udara di Perseroan Terbatas Sweet Indo Lampung Desa Gedung Meneng Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Terdiri dari data primer yang diperoleh dari hasil dokumentasi dan interview dengan pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulang Bawang dan data sekunder berupa buku, jurnal, artikel, majalah, makalah dan sumber-sumber lain berkaitan dengan judul skripsi. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan metode berfikir induktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup dalam pengendalian pencemaran di udara di Peseroan Terbatas Sweet Indo Lampung sudah berjalan cukup baik namun belum maksimal dalam pengawasannya. Dinas Lingkungan Hidup menghadapi permasalahan berupa kurangnya koordinasi dari pihak-pihak terkait, masih kurangnya kompetennya sumber daya manusia dalam melakukan pengawasan, terbatasnya sarana prasarana oprasional lapangan dan kurangnya kesadaran serta keperdulian masyarakat. Sedangkan dalam pandangan fiqh siyasah sesuai dengan syariat Islam, karena manusia sebagai khalifah di bumi diperintahkan memakmurkan bumi sesuai dengan syariat Islam. Kata Kunci: Fiqh Siyasah, Pengendalian, Pencemaran Udara

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Feb 2023 04:23
Last Modified: 08 Feb 2023 04:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23055

Actions (login required)

View Item View Item