KEHARMONISAN RUMAH TANGGA PADA PASANGAN SUAMI ISTRI YANG BELUM MEMILIKI KETURUNAN (Studi Kasus di Desa Margojadi Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji)

Ria, Fera Wahyu Diyanti (2023) KEHARMONISAN RUMAH TANGGA PADA PASANGAN SUAMI ISTRI YANG BELUM MEMILIKI KETURUNAN (Studi Kasus di Desa Margojadi Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Keharmonisan dalam rumah tangga merupakan dambaan setiap pasangan suami istri termasuk bagi pasangan suami istri yang belum memiliki keturunan. Terdapat pasangan suami istri yang belum memiliki keturunan di Desa Margojadi Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji, dalam usia perkawinannya kurang lebih 5 tahun, merekan mendapat kritikan sosial dari masyarakat yang mengarah pada anak, sehingga menimbulkan konflik, perselingkuhan, poligami bahkan berakhir pada perceraian. Tetapi terdapat juga pasangan suami istri yang belum memiliki keturunan namun mereka mampu menjaga keharmonisan dalam rumah tangganya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana keharmonisan rumah tangga pada pasangan suami istri yang belum memiliki keturunan di Desa Margojadi Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap keharmonisan rumah tangga pada pasangan suami istri yang belum memiliki keturunan di Desa Margojadi Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keharmonisan rumah tangga pada pasangan suami istri yang belum memiliki keturunan di Desa Margojadi Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap keharmonisan rumah tangga pada pasangan suami istri yang belum memiliki keturunan di Desa Margojadi Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian yang mengharuskan peneliti untuk mencari data-data primer dan sekunder ke lapangan. Metode Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan metode dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keharmonisan rumah tangga pada pasangan suami istri yang belum memiliki keturunan di Desa Margojadi Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji dengan cara (a) meningkatkan kehidupan beragama, (b)memiliki sifat optimis, (c) bermusyawarah antara suami istri , (d) tidak saling menyalahkan satu sama lain, (e) berdoa dan berusaha (f) bersabar, (g) memberikan rasa cinta dan kasih sayang. Tinjauan hukum Islam terhadap keharmonisan rumah tangga pada pasangan suami istri yang belum memiliki keturunan di Desa Margojadi Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji, sudah sesuai dengan hukum Islam yaitu dengan menunjukkan cara bersabar dan tidak saling menyalahkan satu sama lain, serta tetap memberi rasa cinta dan kasih sayang. Karena Allah menciptakan apa saja yang dia kehendaki yakni dia merezekikan anak-anak perempuan saja kepada siapa yang dia kehendaki, dan merezekikan anak-anak lelaki saja kepada siapa yang dia kehendaki, dan memberikan kedua jenis itu yakni laki-laki dan perempuan kepada siapa saja yang dia kehendaki tidak berketurunan dan Allah juga menjadikan mandul bagi siapa yang dikehendakinya. Kata kunci: Keharmonisan, Pasangan Suami Istri, Belum Memiliki Keturunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Feb 2023 03:51
Last Modified: 08 Feb 2023 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23052

Actions (login required)

View Item View Item