PENGARUH SYARIAH COMPLIANCE DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG NASABAH DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Kedaton Bandar Lampung)

NADILA, RAMADHANI (2023) PENGARUH SYARIAH COMPLIANCE DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG NASABAH DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Kedaton Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NADILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu pilar penting dalam pengembagan bank syariah adalah kepatuhan syariah (syariah compliance). Kepatuhan syariah adalah penerapan prinsip-prinsip syariah dan tradisinya dalam transaksi keuangan dan perbankan serta bisnis lainya yang terkait dan kepercayaan dinyatakan sebagai komponen penting untuk menjaga hubungan yang terlibat dalam bisnis. Syariah Compliance dan Brand Image Kepercayaan merupakan hal penting dalam strategi pemasaran. Maka dalam penelitian ini membahas mengenai pengaruh syariah compliance dan brand image terhadap keputusan menabung nasabah dengan kepercayaan. Dari latar belakang diatas, peneliti ingin mengetahui sebagai berikut, yaitu bagaimana pengaruh syariah compliance dan brand image secara parsial dan simultan terhadap keputusan menabung di Bank Syariah Indonesia KCP Kedaton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui yaitu bagaimana pengaruh syariah compliance dan brand image terhadap keputusan menabung di Bank Syariah Indonesia KCP Kedaton di Bandar Lampung secara parsial dan simultan.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyebaran kuesioner yang ditujukan kepada nasabah yang menabung di Bank Syariah Indonesia KCP Kedaton Bandar Lampung. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Teknik Analisis Data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 16 dan metode analisis jalur (path analysis). Hasil yang diperoleh dari peneltian ini menunjukkan bahwa Syariah Compliance (X1) terhadap keputusan nasabah (Y) sebesar 0,001 < 0,05 dengan t hitung 3,313 > t tabel 2,086. Artinya, dari output yang telah dijelaskan, maka dapat disimpulkan bahwa syariah compliance (X1) memiliki pengaruh secara parsial (langsung) terhadap variabel keputusan nasabah (Y). Hasil yang diperoleh dari peneiltian ini menunjukkan bahwa secara simultan hasil dari uji koefisien determinan (R2) diperoleh nilai koefisien determinasi r square sebesar 0,704 artinya Syariah Compliance, Brand Image, Dan Keputusan Nasabah pada Kepercayaan sebesar 70,4 % dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Kata Kunci : Syariah Compliance, Brand Image, Keputusan Nasabah, Kepercayaan,Bank Syariah ABSTRACT One of the important pillars in the development of Islamic banks is sharia compliance. Sharia compliance is the application of sharia principles and traditions in financial and banking transactions as well as other related businesses and trust is stated as an important component to maintain a sustainable relationship between all parties involved in the business. Syariah Compliance, Brand Image Trust is an important thing in marketing strategy. So in this study discusses the influence of sharia compliance and brand image on the decision to save customers with trust. From the background above, the researcher wants to know the following, namely how the influence of sharia compliance and brand image partially and simultaneously on the decision to save at Bank Syariah Indonesia KCP Kedaton. The purpose of this study was to determine how the influence of sharia compliance and brand image on the decision to save at Bank Syariah Indonesia KCP Kedaton in Bandar Lampung partially and simultaneously.This research is a quantitative research using primary data. The method of data collection in this study was through the distribution of questionnaires addressed to customers who saved at Bank Syariah Indonesia KCP Kedaton Bandar Lampung. Samples were taken as many as 100 respondents using the Purposive Sampling Technique. Data Analysis Techniques in this study using SPSS version 16 and path analysis methods. The results obtained from this research indicate that Sharia Compliance (X1) on customer decisions (Y) is 0.001 < 0.05 with t count 3.313 > t table 2.086. That is, from the output that has been described, it can be concluded that sharia compliance (X1) has a partial (direct) influence on the customer decision variable (Y). The results obtained from this study indicate that simultaneously the results of the determinant coefficient test (R2) obtained a coefficient of determination r square of 0.704 meaning Sharia Compliance, Brand Image, and Customer Decisions on Trust of 70.4% and the rest is influenced by other variables outside study. Keywords: Sharia Compliance, Brand Image, Customer Decision, Trust, Sharia Bank

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Feb 2023 07:33
Last Modified: 07 Feb 2023 07:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23045

Actions (login required)

View Item View Item