Peran Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dalam Upaya Menurunkan Tingkat Pernikahan Dini Melalui Pendekatan Sosiologi Dan Agama (Studi Kasus di Kecamatan Tulang Bawang Udik Kabupaten Tulang Bawang Barat)

ANGGIA, MELANI ALAWIA (2023) Peran Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dalam Upaya Menurunkan Tingkat Pernikahan Dini Melalui Pendekatan Sosiologi Dan Agama (Studi Kasus di Kecamatan Tulang Bawang Udik Kabupaten Tulang Bawang Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANGGIA MELANI ALAWIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pada tahun 2017 hingga tahun 2021 terjadi tren peningkatan angka pernikahan dini yang terjadi di Kecamatan Tulang Bawang Udik Kabupaten Tulang Bawang Barat yakni sebanyak 15 kasus yang terjadi Desa Kartaraharja. Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana (BKKBN) dalam meminimalisir pernikahan dini melalui pendekatan sosiologi dan agama? 2) Apa faktor yang menghambat peran Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana (BKKBN) dalam menurunkan tingkat pernikahan dini melalui pendekatan sosiologi dan agama di desa Kartaraharja Kecamatan Tulang Bawang Udik Kabupaten Tulang Bawang Barat? Jenis penelitian yang dipergunakan ialah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data berasal dari data primer merupakan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan data sekunder berasal dari literatur yang terkait dengan penelitian. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Peran Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana (BKKBN) dalam menurunkan tingkat pernikahan dini melalui pendekatan sosiologi dan agama dilaksanakan dalam bentuk program PUP dan Genre, dan sudah dijalankan secara optimal meskipun hasilnya masih belum optimal dan maksimal. 2) Faktor-faktor yang menghambat peran Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana (BKKBN) dalam menurunkan tingkat pernikahan dini melalui pendekatan sosiologi dan agama di desa Kartaraharja Kecamatan Tulang Bawang Udik Kabupaten Tulang Bawang Barat adalah berupa faktor internal yang berasal dari dalam organisasi yakni kurangnya sumber daya manusia dan juga kurangnya dukungan anggaran APBD dan faktor eksternal yang berasal dari luar organisasi yakni dari masyarakt berupa faktor ekonomi, pendidikan, agama dan individ Kata Kunci : BKKBN, Pernikahan Dini, Sosiologi dan Agama

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Feb 2023 07:12
Last Modified: 07 Feb 2023 07:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23041

Actions (login required)

View Item View Item