PENGARUH MODEL ISSETCM2 TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI ALJABAR DITINJAU DARI SELF REGULATION PESERTA DIDIK

NANDA, NANDYA (2023) PENGARUH MODEL ISSETCM2 TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI ALJABAR DITINJAU DARI SELF REGULATION PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL  BAB 1 &  BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL NANDA NANDYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Integrating Society, Science, Environment, Technology, and Collaborative Mind Mapping (ISSETCM2) Terhadap Kemampuan Literasi Aljabar Ditinjau Dari Self Regulation, yang dilakukan oleh peneliti pada peserta didik kelas VII MTsN 1 Tanggamus. Rendahnya kemampuan literasi aljabar peserta didik disebabkan karena kegiatan pembelajaran masih berpusat pada pendidik. Jenis penelitian Quasi Eksperimen Design dengan desain faktorial 2x3, populasi yang digunakan selurus siswa kelas VII MTsN 1 Tanggamus dengan pembelajaran Matematika, teknik pengambilan sampel simple random sampling, sampel yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Pengumpulan data diperoleh dari instrumen tes, angket Self Regulation dan Observasi. Teknik yang digunakan Uji Anova dua jalan dengan metode Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas dan homogeneity of variances untuk uji homogenitas.Hasil analisi data, kedua kelompok tersebut normal dan homogen dilanjutkan uji anova dua jalan. Hasil hipotesis pertama terdapat pengaruh model pembelajaran (ISSETCM2) untuk meningkatkan kemampuan literasi aljabar siswa. Hasil hipotesis kedua terdapat pengaruh pada hasil akhir kemampuan literasi aljabar dari siswa yang memiliki kategori self regulation tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan literasi aljabar siswa pada materi Operasi Bentuk Aljabar. Hasil hipotesis ketiga tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran (ISSETCM2) dan model ekspositori ditinjau dari Self Regulation siswa terhadap kemampuan literasi aljabar. Kata Kunci : model Integrating Society, Science, Environment, Technology, and Collaborative Mind Mapping (ISSETCM2), Kemampuan Literasi Aljabar Dan Self Regulation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Feb 2023 07:07
Last Modified: 07 Feb 2023 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23039

Actions (login required)

View Item View Item