IMPLEMENTASI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF TALK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGRI 1 KOTA AGUNG TAHUN 2021/2022

TEDY, VERGIAN (2023) IMPLEMENTASI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF TALK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGRI 1 KOTA AGUNG TAHUN 2021/2022. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of TEDY FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi belajar berasal dari dua kata, yaitu motivasi dan belajar. Motivasi dan belajar merupakan dua hal yang saling mempengaruhi. Dalam dunia pendidikan kedua kata tersebut sangat berpengaruh dan memiliki hubungan yang sangat berkesinambungan. Motivasi adalah suatu kondisi dari peserta didik untuk memprakarsai kegiatan, mengatur arah kegiatan itu, dan memelihara kesungguhan. Pada penelitian ini motivasi belajar peserta didik mengalami penurunan atau rendah yang disebabkan berbagai hal sehingga berdampak pada penurunan prestasi akademik pada peserta didik di SMP Negeri 1 Kota Agung. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pelaksanaan Layanan Bimbingan kelompok dengan teknik self talk dalam meningkatkan motivasi belajar Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Agung Tahun Ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang melibatkan guru bimbingan dan konseling (BK) yang bertugas serta menangani masalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Agung. Hasil penelitian mengenai pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self talk dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMP Negeri 1 Kota Agung adalah sebagai berikut: Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self talk sudah dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 1 Kota Agung yaitu dengan ibu Teresya, S. Pd. pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self talk dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Kot a Agung dilaksanakan empat sesi pertemuan dengan tahap pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran. Hambatan internal 1). Peserta didik di SMP Negeri 1 Kota Agung masih sangat sulit mengungkapkan pendapatnya ; 2). Peserta didik di SMP Negeri 1 Kota Agung masih mengangap guru bimbingan dan konseling sebagai polisi sekolah. Hambatan eksternal. 1). Ruangan atau fasilitas yang kurang memadai di SMP Negeri 1 Kota Agung ; 2). Tidak adanya jam iv khusus untuk guru bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan kepada peserta didik di SMP Negeri 1 Kota Agung. Hasil yang didapatkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik self talk dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Kota Agung. Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Self Talk, Motivasi Belajar v ABSTRACT Learning motivation comes from two words, namely motivation and learning. Motivation and learning are two things that influence each other. In the world of education these two words are very influential and have a very sustainable relationship. Motivation is a condition for students to initiate activities, regulate the direction of the activity, and maintain sincerity. In this study, the learning motivation of students decreased or was low due to various things so that it had an impact on the decline in academic achievement of students at SMP Negeri 1 Kota Agung. The aim of this research is to find out the implementation of group guidance services with self talk techniques in increasing learning motivation in Class VIII students of SMP Negeri 1 Kota Agung in the 2021/2022 academic year. The research method used in this study is a descriptive method with a qualitative approach, data collected through interviews, observations and documentation involving guidance and counseling (BK) teachers who are tasked with handling the problems of class VIII students at SMP Negeri 1 Kota Agung. The results of the study regarding the implementation of group guidance services with self talk techniques in increasing the learning motivation of students at SMP Negeri 1 Kota Agung are as follows: Teresa, S. Pd. the implementation of group guidance services with self talk techniques in increasing students' learning motivation at SMP Negeri 1 Kota Agung was carried out in four meeting sessions with the stages of formation, transition, activity and termination. Internal barriers 1). Students at SMP Negeri 1 Kota Agung are still very difficult to express their opinions; 2). Students at SMP Negeri 1 Kota Agung still consider guidance and counseling teachers as school police. External barriers. 1). Inadequate rooms or facilities at SMP Negeri 1 Kota Agung; 2). There are no special hours for guidance and counseling teachers in providing services to students at SMP Negeri 1 Kota Agung. The results obtained that group guidance with self talk techniques can increase students' learning motivation at SMP Negeri 1 Kota Agung. Keywords: Group Guidance Service, Self Talk, Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:42
Last Modified: 07 Feb 2023 02:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23026

Actions (login required)

View Item View Item