PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DELIKAN (DENGAR, LIHAT, KERJAKAN) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF ESTEEM

DEA, NESFA (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DELIKAN (DENGAR, LIHAT, KERJAKAN) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF ESTEEM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEA NESFA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara metode pembelajaran DeLiKan (Dengar, Lihat, Kerjakan) dan metode konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self esteem peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII B SMP Negeri 26 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling, teknik pengumpulan data berupa tes, angket, dan dokumentasi, dan teknik analis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Manova. Hasil penelitian dan hasil uji coba diperoleh kesimpulan bahwa Terdapat perbedaan antara metode pembelajaran DeLiKan (Dengar, Lihat, Kerjakan) dan metode konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik, Terdapat perbedaan antara metode pembelajaran DeLiKan (Dengar, Lihat, Kerjakan) dan metode konvensional terhadap self esteem peserta didik, Terdapat perbedaan antara metode pembelajaran DeLiKan (Dengar, Lihat, Kerjakan) dan metode konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self esteem peserta didik. Kata Kunci: Metode Pembelajaran DeLiKan (Dengar, Lihat, Kerjakan), Pemahaman Konsep Matematis, Self Esteem iii ABSTRACT This study aims to determine whether there is a difference between the DeLiKan learning method (Listen, See, Do) and the conventional method in increasing students' ability to understand mathematical concepts and self-esteem. This research is a type of Quasi Experiment Design research. The population in this study were students of class VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung. The sample in this study were students in class VIII A and VIII B of SMP Negeri 26 Bandar Lampung. The sampling technique used is purposive sampling technique, data collection techniques are in the form of tests, questionnaires, and documentation, and the data analysis techniques used are normality tests and homogeneity tests. Testing the hypothesis in this study using the Manova test. The results of the research and the results of the trials concluded that there are differences between the DeLiKan learning method (Listen, See, Do) and conventional methods towards increasing the ability to understand students' mathematical concepts. There is a difference between the DeLiKan learning method (Listen, See, Do) and the conventional method on students' self-esteem, there is a difference between the DeLiKan learning method (Listen, See, Do) and the conventional method for increasing students' ability to understand mathematical concepts and self-esteem. Keywords: DeLiKan Learning Method (Listen, See, Do), Understanding Mathematical Concepts, Self Esteem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Feb 2023 08:29
Last Modified: 06 Feb 2023 08:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23022

Actions (login required)

View Item View Item