STRAREGI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 KARANG TENGAH, SUMATERA SELATAN

Sindi, Astuti (2023) STRAREGI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 KARANG TENGAH, SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI Sindi Astuti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya aspek pendidikan. Dengan adanya pandemi mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan tentang pelaksanaan pembelajaran di Indonesia yaitu pembelajaran harus dilaksanakan secara daring atau jarak jauh sekaligus mendorong tenaga pendidik untuk terus kreatif dalam pembelajaran. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru yaitu supaya pembelajaran tetap berjalan dengan waktu yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran Blende Learning pada masa pandemi Covid�19 pada mata pelajaran PAI di SMA Muhammadiah 2 Karang Tengah. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil subjek dan objek nya adalah guru mata pelajaran PAI, Siswa kelas XI IPA 1, dan kepala sekolah. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi atau membandingkan data. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber yaitu membandingkan data yang diperoleh dari sumber yang berbeda. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Blended Learning di SMA Muhammadiah 2 Karang Tengah sudah terlaksana cukup baik, peserta didik dan guru telah memiliki fasilitas�fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menggambarkan kesiapan pelaksanaan pembelajaran Blended Learning. Dalam strategi pembelajaran Blended Learning guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan. Kegiatan perencanaan dan pelaksanaan sudah terlaksana dengan baik menggunakan media pembelajaran, metode dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan peserta didik. Perencanaan pembelajaran diawali dengan pembuatan RPP. Dalam strategi pembelajaran blended learning RPP yang digunakan adalah RPP Daring yang sudah sesuai dengan KI, KD daan indikator. Dalam pelaksanaanya kegiatan pembelajaran blended learning menggunakan model pembelajaran daring dan tatap muka. Pembelajaran Blended Learning memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong guru untuk lebih kreatif dalam mengajar selain itu siswa dituntut untuk lebih mandiri dan termotivasi untuk lebih aktif belajar. Sedangkan guru dituntut untuk memiliki lebih banyak waktu hal ini disebabkan model pembelajaran Blended Learning tidak terbatas waktu. Namun, pembelajaran daring memiliki kendala dalam pelaksanaannya Ketika pembelajaran offline berlangsung terkadang siswa merasa bahwa mereka diberi lebih banyak tugas atau kegiatan ketika modalitas jarak digunakan, selain itu kendala jaringan internet, kondisi jaringan yang tidak stabil dan kesulitan peserta didik memahami materi pembelajaran adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran Blended Learning. Kata kunci: Pembelajaran Blended Learning iii ABSTRACT The Covid-19 pandemic has had quite a big impact on the lives of Indonesian people, one of which is the aspect of education. The existence of a pandemic has encouraged the government to issue policies regarding the implementation of learning in Indonesia, namely learning must be carried out online or remotely while at the same time encouraging educators to continue to be creative in learning. This is a challenge for the teacher, namely that learning continues with a limited time. This study aims to describe the planning and implementation of Blende Learning lessons during the Covid-19 pandemic in PAI subjects at SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah. This research is included in the type of qualitative research, by taking the subject and the objects are teachers of Islamic education, class XI IPA 1 students, and school principals. The data collection techniques in this study used interviews and documentation. while data analysis techniques are carried out by collecting data, reducing data, presenting data, and to test the validity of the data using triangulation techniques or comparing data. The triangulation used is source triangulation, namely comparing data obtained from different sources. The results of this study illustrate that the implementation of Blended Learning learning at SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah has been carried out quite well, students and teachers have the basic facilities needed, this illustrates the readiness of implementing Blended Learning learning. In the Blended Learning learning strategy the teacher has carried out lesson planning and implementation. Planning and implementation activities have been carried out properly using learning media, learning methods and approaches adapted to students. Learning planning begins with the preparation of lesson plans. In the blended learning learning strategy, the lesson plans used are online lesson plans which are in accordance with KI, KD and indicators. In implementing blended learning learning activities using online and face-to-face learning models. Blended Learning learning has flexibility in its implementation and is able to encourage teachers to be more creative in teaching besides that students are required to be more independent and motivated to be more active in learning. Meanwhile, teachers are required to have more time, this is because the Blended Learning learning model is not limited in time. However, online learning has problems in its implementation. When offline learning takes place, sometimes students feel that they are given more tasks or activities when the distance modality is used, in addition to internet network constraints, unstable network conditions and students' difficulties understanding learning material is a challenge in itself. Blended Learning learning. Keywords: Blended Learning Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Feb 2023 06:31
Last Modified: 06 Feb 2023 06:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23018

Actions (login required)

View Item View Item