SENTRA BAHAN ALAM DAPAT MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS DI TK PERMATA BUNDA KECAMATAN KEDAMAIAN BANDAR LAMPUNG

Revi, Nurmalasari (2023) SENTRA BAHAN ALAM DAPAT MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS DI TK PERMATA BUNDA KECAMATAN KEDAMAIAN BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI REVI NURMALASARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Motorik halus merupakan salah satu aspek penting dari perkembangan peserta didik yang berkaitan langsung dengan proses pembelajaran dan sangat menentukan keberhasilan mereka di sekolah. Motorik halus merupakan pengorganisasian penggunaan otot-otot kecil seperti jari-jemari dan tangan yang sering membutuhkan kecermatan koordinasi mata dan tangan. Penelitian ini akan melihat bagaimana guru memanfaatkan sentra bahan alam dapat mengembangkan motorik halus anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana guru memanfaatkan sentra bahan alam dapat mengembangkan motorik halus anak di TK Permata Bunda, Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 12 orang anak kelas A dan 1 guru yang mengajar disana dengan kelompok usia 3-4 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu redukasi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan sentra bahan alam untuk mengembangkan motorik halus anak belum berkembang dengan baik. Hal ini terbukti dari perolehan data pada indikator kemampuan gerak kedua tangan anak belum mampu menuangkan air ke dalam botol plastik, menyentuh dan memukul-mukul air, mencampurkan cat warna ke dalam air, menuangkan air yang sudah di beri pewarna ke dalam botol plastik. Pada indikator menggenggam anak belum mampu meremas playdough membentuk bola, meremas playdough membentuk segi tiga dan segi empat, meremas playdough membentuk bebas, sedangkan pada indikator koordinasi mata dan tangan anak mampu menempelkan dan membuat kolase burung garuda dengan biji-bijian, mengkolase gambar tanpa keluar garis dengan biji-bijian, mengkolase gambar menggunakan daun kering, menempekan daun kering pada gambar kepala singa untuk membentuk surai singa, dan pada indikator menggerakan jari jemari anak mampu mengoleskan cat warna pada buku gambar, membuat bentuk pohon dan mencampurkan warna menggunakan jari jemari. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran sentra bahan alam dapat mengembangkan iii motorik halus di TK Permata Bunda Kedamaian Bandar Lampung belum berkembang dengan baik. Sentra bahan alam memberikan kesempatan kepada anak untuk berinteraksi dan bereksplorasi langsung dengan berbagai macam bahan yang ada di alam. Kata Kunci: Sentra Bahan alam, Motorik halus

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Feb 2023 03:29
Last Modified: 06 Feb 2023 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23012

Actions (login required)

View Item View Item