ANALISIS IMPLEMENTASI ETOS KERJA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN DALAM PRESPEKTIF MAQASHID SYARIAH (Study Pada Petani Karet Desa Labuhan Baru Kabupaten Mesuji)

ELY, FITRI WAHYUNI (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI ETOS KERJA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN DALAM PRESPEKTIF MAQASHID SYARIAH (Study Pada Petani Karet Desa Labuhan Baru Kabupaten Mesuji). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of TESIS KECIL ELY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Petani Karet Desa Labuhan Baru Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji Lampung berada pada sulitnya untuk memperoleh kesejahteraan serta tingginya ketergantungan terhadap karet yang mana mayoritas pekerjaan masyarakat Desa Labuhan Baru merupakan petani karet. Ketergantungan tersebut menimbulkan produktivitas terhadap karet, serta menandakan etos kerja yang baik bagi petani namun sayangnya belum memberikan kesejahteraan secara maksimal terhadap petani karet. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana implementasi etos kerja Islam untuk meningkatkan kesejahteraan dalam tinjauan maqasid syariah. Adapun tujuannya adalah untuk menganalisis bagaimana implementasi etos kerja Islam petani karet untuk meningkatkan kesejahteraanbdalam tinjauan maqasid syariah. Adapun jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari masyarakat petani karet Desa Labuhan Baru dan data sekunder yang telah di publish lembaga pemerintah secara resmi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi etos kerja Islam pada petani karet Desa Labuhan Baru Kabupaten Mesuji diimplementasikan secara maksimal. Namun, Kesejahteraan pada petani karet Desa Labuhan Baru Kabupaten Mesuji menghasilkan belum sejahtera. Implementasi etos kerja Islam dalam meningkatkan kesejahteraan petani karet menghasilkan kemaslahatan bagi petani karet Desa Labuhan Baru namun kesejahteraan petani karet yang belum maksimal. Kata Kunci : Etos Kerja Islam, Kesejahteraan dan Maqasid Syariah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Feb 2023 03:03
Last Modified: 06 Feb 2023 04:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23009

Actions (login required)

View Item View Item