PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG

DWI, META ADITIYA (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi DWI META ADITIYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran IPA yang masih terfokus pada satu arah sehingga menyebabkan peserta didik merasa jenuh dan kurang menarik serta media yang digunakan juga masih belum bervariasi sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah strategi Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV di MIN 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MIN 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Pengujian analisis data menggunakan uji-t, sebelumnya data tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan dalam pengujian hipotesis menggunakan analisis data uji Anova yaitu uji paired sample t-test. Hasil analisis data diperoleh taraf signifikasi (sig) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV di MIN 2 Bandar Lampung. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Media Audio Visual, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2023 07:46
Last Modified: 03 Feb 2023 07:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22995

Actions (login required)

View Item View Item