ADILLIA, NITA NURBAITI (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD PADA ANAK USIA 5- 6 TAHUN DI PAUD RIANG GEMBIRA DESA TITIWANGI LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di PAUD Riang Gembira Desa Titiwangi Lampung Selatan, terdapat masih ada beberapa anak yang kesulitan dalam mengenal dan menyebutkan simbol huruf dalam belajar membaca permulaan, di karenakan media pembelajaran di PAUD Riang Gembira Desa Titiwangi Lampung Selatan dalam mengajarkan membaca permulaan masih kurang bervariasi. Dan belum pernah diterapkanya media pembelajaran menggunakan media flash card. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui apakah media flash card dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Riang Gembira Desa Titiwangi Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara pendidik dan peserta didik, dengan menggunakan model Kemis dan Mc Tanggart, penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dan setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini menggunakan kelompok B di PAUD Riang Gembira Desa Titiwangi Lampung Selatan yang berjumlah 12 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan membaca permulaan anak meningkat menggunakan media flash card. Peningkatan dapat dilihat pada setiap siklus. Pada pra penelitian dari 12 anak yang berkembang sangat baik belum ada, setelah melakukan tindakan pada siklus I berkembang sangat baik ada 3 anak setara dengan (25%) , pada siklus II menunjukan bahwa peserta didik yang berkembang sangat baik ada 11 anak setara dengan (91,7%). Penelitian ini dihentikan sampai siklus II karena sudah memenuhi standar keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu anak yang berkembang sangat baik mencapai 75% dari keseluruhan peserta didik kelas B di PAUD Riang Gembira Desa Titiwangi Lampung Selatan. Kata kunci : Kemampuan Membaca Permulaan, Media flash card iii ABSTRACT The background of this research is the lack of initial reading ability in group B children at Riang Gembira Early Childhood Education, Titiwangi Village, there are still some children who have difficulty recognizing and mentioning letter symbols in beginning reading learning, because of the learning media at Riang Gembira Early Childhood Education, Titiwangi Village, South Lampung in teaching early reading is still less varied. And the learning media has never been implemented using flash card media. Therefore, researchers are interested in conducting this research with the aim of finding out whether flash card media can improve early reading skills in children aged 5-6 years at PAUD Riang Gembira, Titiwangi Village, South Lampung. This study used the Classroom Action Research (PTK) method which was carried out collaboratively between educators and students, using the Kemis and Mc Tanggart models, this study consisted of two cycles where in one cycle consisted of four stages namely, planning, implementing, observing, and reflection and each cycle is held in three meetings. The subject of this study used group B at Riang Gembira PAUD, Titiwangi Village, South Lampung, with a total of 12 children consisting of 8 boys and 4 girls. The data collection technique used in this research is using observation, interview, and documentation data collection techniques. Based on the results of this study, it shows that children's initial reading ability increases using flash card media. Improvements can be seen in each cycle. In the pre-study, there were no 12 children who developed very well, after taking action in cycle I, they developed very well, there were 3 children equivalent to (25%), in cycle II it showed that students who developed very well had 11 children equivalent to (91 ,7%). This research was stopped until cycle II because it met the success standards that had been previously set, namely children who developed very well reaching 75% of all class B students at Riang Gembira PAUD, Titiwangi Village, South Lampung. Keywords: Beginner reading ability, media flash card
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 03:41 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 03:41 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22990 |
Actions (login required)
View Item |