PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASERTIF TRAINING DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF DI SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Aziza, Amalika (2023) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASERTIF TRAINING DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF DI SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of MALIKA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik asertif training dalam meningkatan perilaku asertif siswa di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Permasalahan yang ditemukan adanya perilaku asertif yang masih rendah khususnya pada siswa kelas IX dimana siswa belum mampu untuk mengambil keputusannya sendiri, tidak dapat tegas dalam mengambil keputusan, dan tidak mampu menolak ajakan teman-teman sebayanya termasuk tidak dapat menolak ajakan negatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu penelitian ini berfokus pada fenomena yang ada kemudian dipahami dan dianalisis secara mendalam. Berdasarkan tujuan dari penelitian penulis menggunakan studi kasus Explanatory Study. Explanatory Study yaitu untuk menjelaskan suatu situasi, biasanya dalam bentuk hubungan sebab akibat (didahului dengan desain survey atau eksperimen). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh bahwa perencanaan program bimbingan dan konseling yang telah dilaksanakan oleh Guru Bimbingan dan Konseling meliputi permasalahan yang ada, tujuan, penentuan jenis layanan bimbingan dan konseling serta penentuan teknik yang digunakan, penentuan personil yang terlibat langsung, persiapan fasilitas yang akan digunakan, upaya antisipasi dari Guru Bimbingan dan Konseling dan penentuan waktu pelaksanaan. Pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik asertif training yang telah Guru Bimbingan dan Konseling laksanakan meliputi tahapan awal, tahapan transisi, tahapan perkembangan dan tahapan akhir. Penggunaan teknik asertif training meliputi teknik untuk berinisiasi dengan memulai percakapan. Menyambung dan menghentikan percakapan, berani berkata “Tidak”, mengekspresikan perasaan suka dan tidak suka, mengajukan suatu pertanyaan dan keinginan. Konseling kelompok dengan teknik asertif training mampu memberikan perubahan terhadap perubahan perilaku asertif peserta didik dikarenakan peserta didik secara langsung mendapatkan pelatihan untuk dapat mengambil keputusannya. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Perilaku Asertif ,Teknik Asertif Training iv ABSTRACT This study aims to describe the implementation of group counseling services using assertive training techniques in increasing students' assertive behavior at SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung. The problem found is that assertive behavior is still low, especially in class IX students where students are not yet able to make their own decisions, cannot be firm in making decisions, and are unable to refuse invitations from their peers, including unable to refuse negative invitations. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The qualitative research method is descriptive in nature, that is, this research focuses on existing phenomena which are then understood and analyzed in depth. Based on the objectives of the research, the authors used an explanatory study case study. Explanatory study is to explain a situation, usually in the form of a causal relationship (preceded by a survey or experimental design). Based on the results of research and data analysis, it was found that the guidance and counseling program planning that had been carried out by the Guidance and Counseling Teachers included existing problems, objectives, determining the types of guidance and counseling services and determining the techniques used, determining the personnel directly involved, preparing the facilities to be used, the anticipation efforts of the Guidance and Counseling Teachers and the timing of implementation. The implementation of group counseling services using assertive training techniques that the Guidance and Counseling Teachers have carried out includes the initial stages, transitional stages, developmental stages and final stages. The use of assertive training techniques includes techniques to initiate by starting a conversation. Connecting and stopping conversations, dare to say "No", express feelings like and dislike, ask a question and wish. Group counseling with assertive training techniques is able to provide changes to changes in students' assertive behavior because students directly receive training to be able to make decisions. Keywords: Group Counseling, Assertive Behavior, Assertive Training Techniques

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:59
Last Modified: 03 Feb 2023 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22985

Actions (login required)

View Item View Item