ANALISIS PENERAPAN EKONOMI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus UMKM Kuliner di Tanjung Karang Pusat Kota Bandar Lampung)

RIDA, AYU ANDINI (2023) ANALISIS PENERAPAN EKONOMI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus UMKM Kuliner di Tanjung Karang Pusat Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of RIDA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi Covid-19 pada sektor ekonomi menyebabkan penurunan pendapatan UMKM, karena tempat usahanya tidak dapat beroperasi akibat kebijakan PPKM yang terapkan Pemerintah kota Bandar Lampung. Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Ekonomi Digital dalam meningkatkan pendapatan UMKM di kecamatan Tanjung Karang Pusat dan Bagaimanas Penerapan Ekonomi Digital dalam meningkatkan pendapatan UMKM di kecamatan Tanjung Karang Pusat dalam Pespektif Ekonomi Islam. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui Penerapan Ekonomi Digital dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM kuliner di Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Tanjung Karang Pusat dalam dan Penerapan Ekonomi Digital dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM kuliner di Masa Pandemi Covid�19 di Kecamatan Tanjung Karang Pusat dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan peneliti adalah teknik Purposive sampling, seperti Menggunakan aplikasi Gofood,Grabfood dan Shopeefood. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ekonomi digital di kecamatan Tanjung Karang Pusat berkembang pesat. Dari 16 UMKM ada 6 UMKM yang baru Menggunakan ekonomi digital dalam usaha. Pemasaran digital yang diterapkan UMKM menggunakan aplikasi Instagram, Facebook dan Tiktok. Penjualan Online yang di terapkan UMKM dikecamatan Tanjung Karang Pusat menggunakan Aplikasi Shopeefood, Grabfood, dan Gofood. Penerapan Ekonomi digiatal dalam perspektif Ekonomi Islam di kecamatan Tanjung Karang Pusat dalam Pemasaran yang diterapkan sesuai dengan ajaran Islam dan keikhlasan semata- mata hanya untuk mencari ridha Allah. UMKM di Tanjung Karang Pusat tidak ada yang mengandung penipuan dalam usaha. Kata Kunci: Ekonomi Digital, UMKM, Pembayaran Digital, Digital Marketing ABSTRAK The Covid-19 pandemic in the economic sector caused a decrease in MSME income, because their business locations could not operate due to the PPKM policy implemented by the Bandar Lampung city government. The problem formulation of this research is how to apply the digital economy in increasing MSME income in the Tanjung Karang Pusat sub-district and how to implement the application of the digital economy in increasing MSME income in the Tanjung Karang Pusat sub-district in an Islamic economic perspective. This research aims to find out the Application of the Digital Economy in Increasing Culinary MSME Income during the Covid-19 Pandemic in Tanjung Karang Pusat Subdistrict and the Application of Digital Economy in Increasing Culinary MSME Income during the Covid-19 Pandemic in Tanjung Karang Pusat District in an Islamic Economic Perspective. This type of research is qualitative research using primary data and secondary data. The technique used by researchers is a purposive sampling technique, such as using the Gofood, Grabfood and Shopeefood applications. The data collection technique used is the method of observation, interviews, and documentation. The results of the study show that the application of the digital economy in the Central Tanjung Karang sub-district is growing rapidly. Of the 16 MSMEs, there are 6 new MSMEs using the digital economy in business. Digital marketing implemented by MSMEs uses the Instagram, Facebook and Tiktok applications. Online sales implemented by MSMEs in the Tanjung Karang Pusat sub-district use the Shopeefood, Grabfood and Gofood applications. The application of digital economics in the perspective of Islamic economics in the Central Tanjung Karang sub-district in marketing is implemented in accordance with Islamic teachings and sincerity solely to seek the pleasure of Allah. MSMEs in Tanjung Karang Center do not contain fraud in business. Keywords: Digital Economy, MSME, Digital Payments, Digital Marketing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:20
Last Modified: 02 Feb 2023 07:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22977

Actions (login required)

View Item View Item