PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA DIGITAL UNTUK MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN DAN KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH

Iin, Santika (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA DIGITAL UNTUK MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN DAN KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilandasi kendala terbatasnya media yang digunakan dalam pembelajaran. Media yang digunakan kurang menanamkan perilaku disiplin dan kreatif, dimana pada masa saat ini kurangnya disiplin dan kreatif peserta didik dalam berangkat ke sekolah tepat waktu, mengerjakan tugas-tugas sekolah dengan baik, menaati peraturan sekolah, serta kurangnya kreatif peserta didik dalam melakukan atau mengerjakan pekerjaan di sekolah maupun dirumah. Oleh karena itu, yang dibutuhkan yaitu media yang menarik yang dapat membangkitkan gairah semangat peserta didik dalam proses pembelajaran yang dapat memberikan contoh yang nyata dan konkret terkait materi dan perilaku disiplin dan kreatif. Dari permasalahan yang ada maka dikembangkan media berupa buku cerita digital. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang menggunakan pengembangan model ADDIE dengan menggunakan lima langkah tahapan yaitu, analysis, design, development, implementation, dan evaluasi. Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas II SD N 1 MargaMulya dan SD N 2 MargaMulya. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa angket respon pendidik serta angket untuk melihat kemenarikan produk yang dikembangkan. Hasil validasi pada media buku cerita digital oleh ahli bahasa memperoleh rata-rata presentase 83% dengan kategori sangat layak, ahli materi memperoleh rata-rata presentase 85% dengan kategori sangat layak, ahli media memperoleh rata-rata presentase 85% dengan kategori sangat layak. Penilaian pada respon pendidik memperoleh rata-rata presentase 88,64% dengan kategori sangat layak, dan respon peserta didk pada uji coba skala kecil di SD N 2 MargaMulya memperoleh rata-rata presentase 97% dengan kategori sangat Menarik serta pada uji coba skala besar di SD N 1 MargaMulya mendapatkan rata-rata presentase 92% dengan kategori sangat Menarik. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa buku cerita digital yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Buku Cerita Digital iii ABSTRAK This research is based on the constraints of the limited media used in learning. The media used does not instill discipline and creative behavior, where at this time students lack discipline and creativity in going to school on time, doing school assignments properly, obeying school regulations, and students' lack of creativity in doing or doing work at school or at home. Therefore, what is needed is interesting media that can arouse the enthusiasm of students in the learning process that can provide real and concrete examples related to material and disciplined and creative behavior. From the existing problems, media was developed in the form of digital story books. This research is an R&D research that uses the ADDIE model development using five stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The subjects of this study were class II students at SD N 1 MargaMulya and SD N 2 MargaMulya. The data collection instrument used was in the form of an educator response questionnaire and a questionnaire to see the attractiveness of the product being developed. The validation results on digital storybook media by linguists obtained an average percentage of 83% with a very feasible category, material experts obtained an average percentage of 85% with a very feasible category, media experts obtained an average percentage of 85% with a very feasible category. Assessment of the teacher's response obtained an average percentage of 88.64% in the very appropriate category, and student responses in the small-scale trial at SD N 2 MargaMulya obtained an average percentage of 97% in the very interesting category and on the large-scale trial in SD N 1 MargaMulya gets an average percentage of 92% in the very attractive category. It can be concluded that the learning media in the form of digital story books that are developed are suitable for use in the learning process. Keywords: Learning Media, Digital Story Books

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Feb 2023 06:18
Last Modified: 02 Feb 2023 06:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22974

Actions (login required)

View Item View Item