IMPLEMENTASI KEGIATAN SENAM IRAMA DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD PELANGI GEDONG TATAAN

LISTIYANI, Darsono (2023) IMPLEMENTASI KEGIATAN SENAM IRAMA DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD PELANGI GEDONG TATAAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of LISTIYANI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pentingnya motorik kasar dalam kehidupan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan gerakan senam dibuat, panjangnya durasi pada senam terkadang membuat anak jenuh dan bosan, belum lagi ada anak yang kurang percaya diri akan gerakan yang ia lakukakan, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan motorik kasar anak usia 5-6 Tahun melalui kegiatan senam irama di PAUD Pelangi Gedung Tataan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftip dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan secara Interaktif oleh Milles dan Huberman yaitu reduksi, display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan motorik kasar dapat berkembang lebih baik dengan melakukan kegiatan senam irama. Adapun langkah-langkah senam Irama yang dilakukan di PAUD Pelangi Gedong Tataan, yaitu: (1). Guru menyiapkan musik apa saja yang digunakan misal senam sehat ceria, pinguin (2). Guru mengatur barisan dan merapihkan barisan (3). Guru memberikan pengarahan kepada peserta senam (4). Guru memperaktekan beberapa gerakan-gerakan senam dihadapan anak, (5) kemudian inti pelaksanaan senam yaitu melakukan senam bersama-sama. Motorik kasar anak akan berkembang lebih baik apabila anak ikut serta untuk melakukan senam irama, dan antusias saat melakukan gerakan fisik pada senam irama. Kata Kunci: Implementasi, Motorik Kasar, Senam Irama iv ABSTRACT The importance of gross motor skills in life is one of the factors that causes gymnastic movements to be made, the long duration of gymnastics sometimes makes children bored and bored, not to mention that there are children who lack confidence in the movements they make, so this study aims to find out how to develop gross motor skills children aged 5-6 years through rhythmic gymnastics activities at PAUD Pelangi Gedung Tataan. This type of research is descriptive qualitative research with data collection techniques, namely observation, interviews and documentation. Data analysis was carried out interactively by Milles and Huberman namely reduction, display, and drawing conclusions. The results of the study show that gross motor development can develop better by doing rhythmic gymnastics activities. The steps for rhythmic gymnastics carried out at Pelangi Gedong Tataan PAUD are: (1). The teacher prepares any music that is used, for example cheerful healthy gymnastics, penguins (2). The teacher arranges the line and tidy up the line (3). The teacher gives directions to gymnastics participants (4). The teacher practices several gymnastic movements in front of the children, (5) then the core of the exercise is doing gymnastics together. Children's gross motor skills will develop better if the child participates in doing rhythmic gymnastics, and is enthusiastic when doing physical movements in rhythmic gymnastics. Keywords: Implementation, Gross Motor, Rhythmic Gymnastics

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:42
Last Modified: 01 Feb 2023 04:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22964

Actions (login required)

View Item View Item