PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM VIRTUAL BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD/MI

RIRIN, EKA PUTRI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM VIRTUAL BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan metode praktikum seringkali menemui hambatan�hambatan. Pendidik seringkali mengubah kegiatan praktikum dengan hanya diskusi kelompok ataupun ceramah, karena adanya keterbatasan sarana dan prasarana yang dipakai secara bergantian. Peneliti ingin mengembangkan media praktikum virtual agar membantu peserta didik untuk memahami kegiatan praktikum, yang tidak terlaksana di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan model pengembangan, yaitu ADDIE. Langkah pengembangan yang dilakukan oleh peneliti adalah: 1). Tahap Analysis (analisis); 2). Tahap design (desain); 3). Tahap development (pengembangan); 4). Tahap implementation (implementasi); dan 5). Tahap evaluation (evaluasi). Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 13 peserta didik, kelas V di MI Nurul Islam 1 Lampung Selatan, dan 25 peserta didik di SD 1 Muhammadiyah Bandar Lampung. Hasil validasi ahli bahasa memperoleh rata-rata skor 85% dengan kriteria sangat layak berdasarkan aspek lugas, komunikatif, diagnosis dan interaktif, kesesuaian dengan perkembangan peserta didik, kesesuaian dengan kaidah bahasa, dan penggunaan istilah, simbol atau icon. Validasi ahli materi pada aspek kesesuaian materi dengan KD, keakuratan materi, kemutakhiran materi, dan mendorong keingintahuan memperoleh skor rata-rata 88,7% dengan kriteria sangat layak. Validasi ahli media pada aspek tampilan, dan kesesuaian bentuk audio dan huruf memperoleh skor rata-rata 83% dengan kriteria sangat layak. Respons peserta didik di MI 1 Nurul Islam Lampung Selatan pada uji coba kelompok kecil memperoleh rata-rata skor 88,2% dengan kriteria sangat layak, sedangkan respons peserta didik di SD 1 Muhammadiyah Bandar Lampung pada uji coba kelompok besar memperoleh rata-rata 93,9%, yang merupakan kriteria sangat layak. Media praktikum virtual berbasis website dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran di SD/MI. Kata Kunci: Media, Praktikum Virtual dan Website

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:30
Last Modified: 01 Feb 2023 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22963

Actions (login required)

View Item View Item