MANAJAMEN PONDOK PESANTREN DALAM UPAYA PEMBENTUKAN SIKAP KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN TERPADU USHULUDDIN PENENGAHAN LAMPUNG SELATAN

AULIA, LINTANG SAKINAH (2023) MANAJAMEN PONDOK PESANTREN DALAM UPAYA PEMBENTUKAN SIKAP KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN TERPADU USHULUDDIN PENENGAHAN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI AULIA LINTANG SAKINAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Sikap merupakan kecenderungan yang berasal dari dalam diri individu untuk berkelakuan dengan pola-pola tertentu, terhadap suatu objek akibat pendirian dan perasaan terhadap objek tersebut, Apabila seseorang setuju dengan suatu hal, maka sikapnya akan mengarah ke positif dan cenderung mendekatinya. Kemandirian sendiri identik dengan kedewasaan, berbuat sesuatu tidak harus ditentukan atau diarahkan sepenuhnya oleh orang lain. Kebutuhan untuk memiliki kemandirian dipercaya sebagai hal penting dalam memperkuat motivasi individu dan dapat diketahui bahwa santri yang mandiri mampu memotivasi diri untuk bertahan dengan kesulitan yang dihadapi dan dapat menerima kegagalan dengan pikiran yang rasional. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana manajemen pondok pesantren ushuludin dalam membentuk sikap kemandirian santri, dan tujuan penelitian ini Untuk mengetahui manajemen yang dilakukan oleh pondok pesantren ushuludin dalam pembentukan sikap kemandirian santri Metode Penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif jenis riset lapangan ( field research), merupakan penelitian langsung dilapangan ataupun responden,penelitian lapangan ini diperkaya dengan informasi kepustakaan. Perencanaan (Planning) meliputi menyusun program rencana pembelajaran dan menerapkan metode-metode serta menyusun rencana jangka pendek dan jangka panjang. Kedua organizing melakukan pembagian tugas antar pengurus pondok pesantren agar pembinaan dapat terkonrol dengan baik. Ketiga Pelaksanaan (Actuating) yaitu dengan pemberian motivasi, menjalin komunikasi yang baik dengan santri dan melaksanakan dan mengembangkan metode-metode pembentukan sikap kemandirian santri. Keempat Pengawasan (Controling) yaitu dengan cara melihat perkembangan program yang telah terlaksana. Memantau dan mengawasi secara langsung sikap dan perilaku santri dalam proses belajar mengajar dan dilingkungan pesantren dan seberapa jauh target yang telah dicapai berdasarkan tujuan yang telah ditentukan. Kata Kunci: Manajemen, Sikap, Kemandirian, Santri iv ABSTRACT Attitude is a tendency that comes from within the individual to behave in certain patterns, towards an object due to his stance and feelings towards the object. Independence itself is synonymous with maturity, doing something does not have to be determined or directed entirely by others. The need to have independence is believed to be important in strengthening individual motivation and it can be seen that independent students are able to motivate themselves to survive the difficulties they face and can accept failure with a rational mind. The formulation of the problem in this study is how the management of the ushuludin boarding school in shaping the attitude of independence of students, and the purpose of this study is to find out the management carried out by the ushuludin boarding school in the formation of the attitude of independence of students This research method is using qualitative research methods, the type of field research (field research), is direct research in the field or respondents, this field research is enriched with library information. Planning includes developing a learning plan program and applying methods as well as preparing short-term and long-term plans. Second, organizing divides tasks among boarding school administrators so that coaching can be well controlled. The third is Actuating, namely by providing motivation, establishing good communication with students and implementing and developing methods for forming students' independent attitudes. Fourth, Controlling is by looking at the progress of the program that has been implemented. Monitor and directly supervise the attitudes and behavior of students in the teaching and learning process and in the pesantren environment and how far the targets have been achieved based on predetermined goals. Keywords: Managemen, Attitude, Independence, Santri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:48
Last Modified: 01 Feb 2023 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22961

Actions (login required)

View Item View Item