EVALUASI PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 36 BANDAR LAMPUNG

Siska, Erma Mutria (2023) EVALUASI PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 36 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SISKA ERMA MUTRIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

EVALUASI PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 36 BANDAR LAMPUNG ABSTRAK Oleh: Siska Erma Mutria Berdasarkan wawancara pra penelitian, dapat diketahui bahwa hasil kegiatan pembelajaran pendidikan agama islam di SMPN 36 Bandar Lampung selama ini dilaksanakan cukup baik. Karena itulah, siswa semakin tahun semakin bertambah, dengan sebab kepercayaan orang tua yang mengaharap sistem kependidikan di SMPN 36 Bandar Lampung. Kenyataan ini tentunya tidak terlepas dari faktor yang mempengaruhinya, yaitu adalah evaluasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Untuk itu peneliti ingin mengkaji lebih dalam lagi evaluasi pembelajaran PAI di SMPN 36 Bandar Lampung, dengan rumusan masalah “1) Bagaimana perancanaan evaluasi pembelajaran PAI di SMPN 36 Bandar Lampung?, 2) Bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI di SMPN 36 Bandar Lampung?, 3) Bagaimana Hasil evaluasi pembelajaran PAI di SMPN 36 Bandar Lampung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 36 Bandar Lampung. Melalui evaluasi pendidik diharapkan dapat memperoleh gambaran secara utuh tentang prestasi dan kemajuan proses serta hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Evaluasi yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan evaluasi yang dilakukan oleh pendidik dalam pembelajaran PAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Untuk dapat memperoleh data-data yang diperlukan, penulis menggunakan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pada perencanaan, evaluasi telah dirumuskan dengan matang. Hal tersebut bisa dilihat pada program pembelajaran guru, baik pada program semester maupun pada Rencana Pelaksanaan pembelajaran yang secara rinci mencantumkan perencanaan waktu pelaksanaan evaluasi, pembagian evaluasi berdasarkan tujuan dan ruang lingkupnya, serta metode, teknik dan jenis evaluasi yang akan digunakan. Pada tahap pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI pada di SMPN 36 Bandar Lampung secara umum evaluasi berlangsung tidak baik karena tidak sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Akan tetapi proses pelaksanaannya untuk mengukur aspek kognitif, afektif, dan aspek psikomotor tidak terdapat keseimbangan di antara ketiganya. Hasil evaluasi pembelajaran PAI di SMPN 36 Bandar Lampung secara keseluruhan menunjukkan baik karena hasil akhir yang diperoleh peserta didik berada di atas batas minimal kelulusan 70%. Hal ini menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh peserta didik bisa dikatakan sudah menguasai materi dan tujuan daripada PAI SMP terlaksana. Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Jan 2023 07:43
Last Modified: 30 Jan 2023 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22938

Actions (login required)

View Item View Item