PENGARUH PAJAK PENGHASILAN (PPh) BA- DAN, PROFITABILITAS DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode 2017-2021)

Nur, Wulan Andriani (2023) PENGARUH PAJAK PENGHASILAN (PPh) BA- DAN, PROFITABILITAS DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode 2017-2021). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi BAB 1-2-5 Repository.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Full BAB 1-5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Di era globalisasi ini menyebabkan perekonomian berkembang tanpa batas, bahkan negara bukan lagi menjadi batasan. Masalah-masalah baru akan muncul yang harus siap dihadapi. Salah satunya perusahaan multinasional akan menghadapi masalah perbedaan tarif pajak yang berlaku disetiap negara. Dengan adanya perbedaan tarif pajak ini membuat perusahaan multinasional mengambil keputusan untuk melakukan Transfer pricing. Tidak selesai pada satu permasalahan, dengan adanya transfer pricing menimbulkan permasalahan yang sampai saat ini sering terjadi, diantaranya masalah pajak, dan masalah internal manajemen, serta masih banyak masalah lain yang berhubungan dengan adanya transfer pricing. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan pajak penghasilan (PPh) badan, profitabilitas, dan tunneling incentive terhadap keputusan transfer pricing dalam perspektif islam pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2017-2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa financial statement dengan teknik pengumpulan data pada situs resmi www.idx.co.id. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2017-2021, dengan jumlah populasinya sebesar 18 perusahaan dan sampel penelitian ini sebanyak 7 perusahaan serta 35 data penelitian selama periode 2017-2021 dengan menggunakan metode penarikan sampel purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 25. Hasil dari penelitian ini adalah pajak penghasilan (PPh) badan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan transfer pricing, hal ini dikarenakan beban pajak penghasilan badan yang besar memicu perusahaan melakukan transfer pricing dengan harapan dapat menekan beban tersebut. Profitabilitas memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan transfer pricing, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi profitabilitas maka semakin menekan tindakan transfer pricing, hal ini dikarenakan perusahaan yang memiliki profitabilitas tinggi akan melaporkan pajaknya dengan jujur dari pada perusahaan dengan profitabilitas yang rendah. Tunneling incentive berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan transfer pricing, hal ini dikarenakan semakin besar kepemilikan saham yang dimiliki maka semakin besar kemungkinan untuk melakukan transfer pricing. Pajak penghasilan (PPh) badan, profitabilitas, dan tunneling incentive memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan transfer pricing dalam perspektif islam pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2017- 2021. Transfer Pricing boleh dilakukan jika berdasarkan prinsip kewajaran arm’s length sudah dilakukan pengujian dan menyatakan hasilnya wajar maka boleh dilakukan transfer pricing, karena masih dalam kategori wajar dan adil yaitu tidak merugikan banyak pihak didalam islam masih diperbolehkan untuk melakukan transaksi transfer pricing tersebut. Kata kunci: Pajak, Profitabilitas, Tunneling Incentive, Transfer Pricing. ABSTRACT In this era of globalization, the economy has developed without boundaries, and the state is no longer a limitation. New problems will arise that must be prepared to face. One of them is that multinational companies will face the problem of different tax rates that apply in each country. With this difference in tax rates, multinational companies make decisions to carry out transfer pricing. It does not end with one problem, the existence of transfer pricing raises problems that often occur until now, including tax problems, and internal management problems, as well as many other problems related to transfer pricing. The purpose of this study is to determine the positive effect of corporate income tax (PPh), profitability, and tunneling incentives on transfer pricing decisions from an Islamic perspective on manufacturing companies listed on the Jakarta Islamic Index (JII) for the 2017-2021 period. This research is a quantitative research using secondary data in the form of financial statements with data collection techniques on the official website www.idx.co.id. The population in this study are manufacturing companies registered on the Jakarta Islamic Index (JII) for the 2017-2021 period, with a total population of 18 companies and a sample of this study as many as 7 companies and 35 research data for the 2017-2021 period using the purposive sampling method. . The data analysis method used is multiple linear regression with the help of the SPSS 25 program. The result of this study is that corporate income tax (PPh) has a positive effect on transfer pricing decisions, this is because the large corporate income tax burden triggers companies to carry out transfer pricing in the hope of reducing this burden. Profitability has a negative effect on transfer pricing decisions, the results of this study indicate that the higher the profitability, the more pressure transfer pricing actions, this is because companies that have high profitability will report their taxes honestly than companies with low profitability. Tunneling incentives have a positive effect on transfer pricing decisions, this is because the greater the share ownership, the more likely it is to carry out transfer pricing. Corporate income tax (PPh), profitability, and tunneling incentives have a positive influence on transfer pricing decisions from an Islamic perspective on manufacturing companies listed on the Jakarta Islamic Index (JII) for the 2017-2021 period. Transfer pricing may be carried out if based on the principle of arm's length fairness, a test has been carried out and the results are stated to be reasonable, then transfer pricing may be carried out, because it is still in the reasonable and fair category, that is, it does not harm many parties in Islam, it is still permissible to carry out the transfer pricing transaction. Keywords: Tax, Profitability, Tunneling Incentive, Transfer Pricing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Jan 2023 06:50
Last Modified: 30 Jan 2023 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22934

Actions (login required)

View Item View Item