ANALISIS PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP LABA BERSIH DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode 2015-2019)

DESI, ANGGRAINI (2023) ANALISIS PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP LABA BERSIH DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode 2015-2019). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DESI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap perusahaan selalu berusaha meningkatkan laba, maka dari itu pada perusahaan manufaktur agar dapat memperoleh laba yang tinggi perlu diperhatikan biaya-biaya yang dikeluarkan dan mengendalikan secara efektif, dalam mengeluarkan biaya produksi dan biaya operasional sehingga mendapatkan laba bersih yang diinginkan perusahaan. Maka perumusan masalah dalam penelitian ini apakah Biaya Produksi dan Biaya Operasional pengaruh terhadap laba bersih, dan bagaimana biaya produksi, biaya operasional dan laba bersih menurut perspektif ekonomi islam . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Biaya produksi dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih, dan Untuk mengetahui Bagaimana biaya produksi, biaya operasional dan laba bersih menurut perspektif ekonomi islam. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Untuk menganalisis hipotesis digunakan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan metode asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis, dengan bantuan program SPSS (Statistic Product and Service Solution) Versi. 21. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari setiap perusahaan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) selama 5 tahun yaitu tahun 2015, 2016, 2017, 2018, 2019. Pengambilan sample dilakukan dengan metode purposive sampling. Sample yang digunakan adalah 6 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Biaya Produksi secara parsial tidak berpengaruh terhadap Laba Bersih bahwa nilai signifikan variabel biaya produksi lebih besar dari 0,241 > 0,05. Variable Biaya Operasional secara parsial berpengaruh terhadap Laba Bersih bahwa nilai signifikansi variabel biaya operasional lebih kecil dari 0,000 < 0,05. Variabel Biaya Produksi Dan Biaya Operasional secara bersama-sama berpengaruh terhadap Laba Bersih bahwa nilai signifikansi variabel biaya produksi dan biaya operasional lebih kecil dari 0,000 < 0,05. Dalam perspektif Ekonomi Islam, biaya produksi, biaya operasional dan laba bersih yang sudah sesuai dengan teori Ekonomi Islam. Pada 6 perusahaan manufaktur yang memaksimalkan produktifitas dan meminimalisir kemubaziran terhadap biaya yang dikeluarkan dan produk yang dihasilkan bermanfaat bagi para konsumen sehingga mendapatkan laba bersih yang halal. Kata Kunci: Biaya Produksi, Biaya Operasional dan Laba Bersih

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:22
Last Modified: 30 Jan 2023 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22929

Actions (login required)

View Item View Item