Pengaruh Motivasi dan Kecemasan Belajar Terhadap Penalaran Matematis Serta Dampaknya pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP

Landung, Perwira (2023) Pengaruh Motivasi dan Kecemasan Belajar Terhadap Penalaran Matematis Serta Dampaknya pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of 01. SKRIPSI LANDUNG PERWIRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MOTIVASI DAN KECEMASAN BELAJAR TERHADAP PENALARAN MATEMATIS SERTA DAMPAKNYA PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP Oleh Landung Perwira Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan unsur yang penting dalam pembelajaran matematika untuk menyelesaikan suatu permasalahan matematika yang dihadapi. Oleh karenanya, setiap siswa harus memiliki kemampuan dalam memecahkan suatu permasalahan yang ditemui. Penalaran matematis juga memiliki peranan penting dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Namun, terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah serta penalaran matematis siswa diantaranya motivasi belajar, kecemasan belajar, dan lain-lain. penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara motivasi belajar dan kecemasan belajar terhadap penalaran matematis serta meilihat dampaknya terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode Penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan pendekatan kausal. Pemilihan sampel menggunakan Stratified random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar, angket kecemasan belajar, tes penalaran matematis, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kecemasan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, penalaran matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, kecemasan belajar terhadap motivasi belajar, penalaran matematis terhadap motivasi belajar, kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap motivasi belajar, serta terdapat pengaruh signifikan antara kecemasan belajar terhadap motivasi belajar melalui kemampuan pemecahan masalah matematis dan penalaran matematis terhadap motivasi belajar melalui kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata kunci: Motivasi Belajar, Kecemasan Belajar, Penalaran Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah iii ABSTRACT THE EFFECT OF LEARNING MOTIVATION AND ANXIETY ON MATHEMATICAL REASONING AND THEIR IMPACT ON MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING ABILITY OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS By Landung Perwira Mathematical problem solving ability is an important element in learning mathematics to solve a mathematical ploblem faced. Therefore, every student must have the ability to solve a problem encountered. Mathematical reasoning also has an important role in solving mathematical problems. However, there are factors that can affect students' problem-solving abilities and mathematical reasoning including learning motivation, learning anxiety, and others. This study aims to determine the direct and indirect effect between learning motivation and learning anxiety on mathematical reasoning and to see the impact on students' problem solving abilities. The research method that will be used in this research is a survey with a causal approach. Sample selection using stratified random sampling. The data collection technique in this study used a learning motivation questionnaire, a learning anxiety questionnaire, a mathematical reasoning test, and a problem-solving ability test. The hypothesis test used in this research is path analysis. The results of this study indicate that there is a significant influence between learning anxiety on mathematical problem solving abilities, mathematical reasoning on mathematical problem solving abilities, learning anxiety on learning motivation, mathematical reasoning on learning motivation, mathematical problem solving abilities on learning motivation, and there is a significant influence. between learning anxiety and learning motivation through mathematical problem solving abilities and mathematical reasoning on learning motivation through mathematical problem solving abilities. Keywords: Learning Motivation, Learning Anxiety, Mathematical Reasoning, Problem Solving Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:58
Last Modified: 27 Jan 2023 03:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22928

Actions (login required)

View Item View Item