PENGARUH MATERIALISME TERHADAP COMPULSIVE BUYING DENGAN SELF-CONTROL SEBAGAI PEMODERASI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA KONSUMEN TOKO BUSANA LADY FAME DI BANDAR LAMPUNG)

Adjie, Hermawan (2023) PENGARUH MATERIALISME TERHADAP COMPULSIVE BUYING DENGAN SELF-CONTROL SEBAGAI PEMODERASI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA KONSUMEN TOKO BUSANA LADY FAME DI BANDAR LAMPUNG). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI ADJIE HERMAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan modernisasi yang semakin berkembang dalam masyarakat, sehingga situasi saat ini membuat gaya hidup masyarakat juga semakin berkembang, terutama masyarakat diperkotaan karena modernisasi ini turut memberikan dampak pada gaya hidup mereka sehingga menimbulkan perilaku konsumtif, yang bukan hanya sebagai sebuah “kebiasaan” namun hal ini sudah berkembang menjadi sebuah “budaya” yang sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Compulsive buying adalah dorongan dari dalam diri seseorang untuk melakukan pembelian yang tidak terkontrol, untuk memenuhi kepuasan seseorang dalam berbelanja sehingga mampu meningkatkan kebahagian kepada diri mereka walaupun barang yang hendak dibeli tidak dibutuhkan. Faktor yang bisa menjadi penyebab terjadinya compulsive buying yaitu faktor budaya, faktor sosial, faktor kepribadian dan faktor sikap. Maka penting bagi peneliti meneliti masalah ini dengan berbagai variabel lainnya sebagai pendukung. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Toko Busana Lady Fame di Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menyebarkan kuesioner pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden melalui Google Form dengan menggunakan skala likert sebagai data yang akan diolah menggunakan smartPLS. Hasil penelitian yang diperoleh dari konsumen Toko Busana Lady Fame menunjukkan bahwa pengaruh positif dan signifikan pada materialisme terhadap compulsive buying maka hipotesis pertama didukung. Hasil uji moderasi self-control pada hubungan materialisme terhadap compulsive buying menghasilkan nilai original sampel negatif dan p-value bernilai signifikan, dapat diapahami bahwa self�control memperlemah hubungan materialisme terhadap compulsive buying. Kata kunci : materialisme, compulsive buying, self-control ABSTRACT Along with the increasingly developing modernization in society, the current situation has made people's lifestyles also develop, especially urban communities because this modernization has also had an impact on their lifestyle, giving rise to consumptive behavior, which is not just a "habit" but this has developed into a "culture" that cannot be separated from everyday people's lives. Compulsive buying is an urge from within a person to make purchases that are not controlled, to fulfill one's satisfaction in shopping so that they can increase their happiness even though the item they want to buy is not needed. Factors that can cause compulsive buying are cultural factors, social factors, personality factors and attitude factors. So it is important for researchers to examine this problem with various other variables as support. The sampling method in this study used a purposive sampling method. The population in this study are consumers of Lady Fame Clothing Stores in Bandar Lampung. Data collection techniques distribute question questionnaires or written statements to respondents via Google Form using a Likert scale as data to be processed using smartPLS. The research results obtained from the consumers of the Lady Fame Clothing Store show that materialism has a positive and significant effect on compulsive buying, so the first hypothesis is supported. The results of the self-control moderation test on the relationship between materialism and compulsive buying yielded a negative original sample value and the p-value was significant. It can be understood that self-control weakens the relationship between materialism and compulsive buying. Keywords: materialism, compulsive buying, self-control.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:09
Last Modified: 27 Jan 2023 03:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22925

Actions (login required)

View Item View Item