PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 01 WAY KANAN

EMILIA, SAFITRI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 01 WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI EMILIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Setelah melewati fase pandemi covid-19 lalu masuk ke fase endemi covid-19. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran Blended Learning. Berdasarkan Pra Penelitian yang dilakukan di MTs Negeri 01 Way Kanan diketahui telah menggunakan model pembelajaran Blended Learning dalam pembelajarannya. Selama pembelajaran peserta didik mengalami banyak kendala mulai dari sulitnya memahami materi, siswa yang tidak mengikuti kegiataan belajar, pembelajaran yang pasif dan membosankan, peserta didik belum memaksimalkan penggunaan android dalam belajar. Sedangkan selama PTM terbatas 50% pembelajaran berlangsung sangat singkat, suasana kelas menjadi pasif, peserta didik yang sulit beradabtasi dan guru yang kesulitan mengajar satu kelas dengan jam yang berbeda. Berbagai masalah yang timbul di lapangan tersebut membuat peneliti ingin meneliti apakah ada pengaruh dari model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar sejarah kebudayaan islam siswa kelas VIII di MTs Negeri 01 Way Kanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII Di Mts Negeri 01 Way Kanan Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 01 Way Kanan yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan beberapa tahap yaitu uji validitas, uji reliabilitas yang menggunakan alat bantu hitung Microssoft Exel, untuk uji normalitas, uji linearitas, serta uji regresi linier sederhana dan uji hipotesis menggunakan alat bantu hitung SPSS versi 24. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji regresi linier sederhana pada program SPSS versi 24, menunjukkan bahwa dari Uji Anova dengan F hitung= 19,538 dan tingkat signifikansi Probabilitas 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel partisipasi Dari uji R square ditemukan nilai R square sebesar 0,494 (49,4%) menunjukkan bahwa variabel independen (Model pembelajaran Blended learning) memiliki pengaruh terhadap variabel dependen (hasil belajar siswa) sebesar 49,4%. Sedangkan 50,6% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Dan interpretasi r membuktikan pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar siswa berada dalam kategori kuat dengan interval koefisien yaitu 0,60-0,799. Hasil uji t ditemukan bahwa t hitung > t tabel (4,420 > 2,086) maka Ho ditolak secara statistik adalah signifikan, dari hasil uji t nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,000< 0,05) berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar sejarah kebudayaan islam siswa kelas VIII di MTs Negeri 01 Way Kanan”. Kata Kunci: Model pembelajaran Blended Learning, Hasil Belajar iv ABSTRACT After going through the covid-19 pandemic phase, it then entered the endemic phase of covid-19. One alternative learning model that can be applied is the Blended Learning learning model. Based on Pre�Research conducted at MTs Negeri 01 Way Kanan, it is known that they have used the Blended Learning learning model in their learning. During learning, students experience many obstacles ranging from difficulty in understanding the material, students who do not follow learning activities, passive and boring learning, students have not maximized the use of androids in learning. Whereas during limited PTM 50% of learning lasts very short, the classroom atmosphere becomes passive, students who are difficult to civilize and teachers who have difficulty teaching one class with different hours. The various problems that arise in the field make researchers want to examine whether there is an influence of the blended learning model on the learning outcomes of Islamic cultural history of class VIII students at MTs Negeri 01 Way Kanan. The purpose of this study is to determine the influence of blended learning models on the learning outcomes of Islamic Cultural History of Class VIII Students in Mts Negeri 01 Way Kanan. This research uses quantitative methods with ex-post facto types of research. The subjects of this study were class VIII students at MTs Negeri 01 Way Kanan which totaled 22 students. The data collection techniques used in this study were questionnaires, documentation and interviews. The data analysis technique in this study uses several stages, namely validity test, reliability test using Microssoft Exel calculation tool, for normality test, linearity test, as well as simple linear regression test and hypothesis test using SPSS calculation tool version 24. Based on the results of data analysis with a simple linear regression test on the SPSS program version 24, it shows that from the Anova Test with F count= 19.538 and the significance level probability of 0.000 < 0.05, then it can be concluded that the regression model can be used to predict participation variables From the R square test, it was found that the value of R square of 0.494 (49.4%) showed that the independent variable (Blended learning learning model) had an influence on the dependent variable (student learning outcomes) of 49.4%. While 50.6% is influenced by other variables. And interpretation r proves the influence of blended learning models on student learning outcomes is in a strong category with a coefficient interval of 0.60-0.799. The results of the t test found that t count > t table (4.420 > 2.086) then Ho rejected statistically is significant, from the results of the test t a significant value smaller than 0.05 (0.000< 0.05) means that there is a significant influence between the blended learning model on the learning outcomes of islamic cultural history of class VIII students in MTs Negeri 01 Way Kanan". Keywords: Blended Learning Model, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:25
Last Modified: 26 Jan 2023 07:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22920

Actions (login required)

View Item View Item