PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 27 AYAT (1) UNDANG-UNDANG NOMOR 24 TAHUN 2013 TENTANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (Studi di Kampung Gunung Sari Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan)

Robi, Sanjaya (2023) PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 27 AYAT (1) UNDANG-UNDANG NOMOR 24 TAHUN 2013 TENTANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (Studi di Kampung Gunung Sari Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI ROBI SANJAYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Administrasi kependudukan merupakan jaminan kepastian hukum dan perlindungan terhadap hak-hak individu penduduk bagi warga negara, yang harus dipenuhi sejak kelahiran dengan cara dilaporkan kepada instansi pelaksana, yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Zaman sekarang ini banyak anak yang tidak memiliki akta kelahiran akibatnya banyak anak pula yang kehilangan haknya untuk mendapatkan pendidikan maupun jaminan sosial, hal ini tentu disebabkan karena kurangnya sosialisasi tentang pentingnya pembuatan serta pencatatan Akta Kelahiran terhadap Anak. Dalam Undang- Undang Nomor 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan , seluruh masyarakat wajib melaporkan kelahiran anak paling lambat 60 hari sejak kelahiran sebagai dasar untuk membuat akta kelahiran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana Implementasi Pasal 27 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan Di Kampung Gunung Sari Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan. (2) Bagaimana Pandangan Islam Terhadap Masyarakat Yang Tidak Memenuhi Kewajiban Atas Identitas Anak Di Kampung Gunung Sari Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian Skripsi ini adalah (1) bagaimana Implementasi Pasal 27 Ayat (1) Undang�Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan. (2) Bagaimana Perspektif Siyasah Syar’iyyah Terhadap Pasal 27 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi dan untuk mengetahui Perspektif dari Siyasah Syar’iyyah Terhadap Pasal 27 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Populasi data penelitian ini adalah masyarakat Kampung Gunung Sari. Pengumpulan datanya adalah dengan cara Metode Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian di Kampung Gunung Sari tentang Pelaksanaan kewajiban pelaporan kelahiran dan juga pengurusan Akta Kelahiran belum terlaksana dengan cukup baik, hal ini disebabkan karena kurangnya pelaksanaan sosialisasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Way Kanan kepada masyarakat. Dalam Fiqh Siyasah terdapat Siyasah Idariyah atau administrasi negara. Siyasah Idariyah dan Akta Kelahiran memiliki keterkaitan yaitu permasalahan administrasi. Tidak ada nash al�Qur'an yang secara langsung mengatur pencatatan kelahiran seseorang. Tetapi masalah ini masuk ruang lingkup muamalah, hubungan antar sesama manusia.Meskipun tidak diatur eksplisit, maka ada dasar hukum yang bisa dijadikan pijakan. Dalam hal kaitan dengan hak dan kewajiban, administrasi memiliki kedudukan penting sebagai proses yang dapat mengantisipasi berbagai permasalahan menyangkut tata kelola, manajemen atau bahkan maksud tujuan dari suatu kegiatan atau institusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2023 06:56
Last Modified: 26 Jan 2023 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22916

Actions (login required)

View Item View Item