PENGEMBANGAN E-LKPD MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEET PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS 4 SD/MI

DIAN, FEFRIYANTI (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEET PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS 4 SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIAN FEFRIYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan masalah yaitu, gambar pada buku tematik masih kurang lengkap dan menarik sehingga peserta didik merasa bosan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Siswa jarang mendapatkan bahan ajar software yang dapat mempermudah dalam memahami isi materi khususnya pada pembelajaran tematik. Belum adanya penggunaan bahan ajar yang mudah dibawa kemana-mana. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan E-LKPD menggunakan liveworksheets pada pebelajaran tematik terhadap pemahaman peserta didik kelas IV. Untuk mengetahui kelayakan pengembangan E�LKPD menggunakan liveworksheets pada pebelajaran tematik terhadap pemahaman peserta didik kelas IV. Untuk mengetahui respon guru dan siswa tehadap E-LKPD menggunakan liveworksheets pada pebelajaran tematik terhadap pemahaman peserta didik kelas IV. Penelitian yang dilakukan oleh penulis ialah penelitian pengmbangan dengan menggunakan model ADDIE dengan beberapa tahap yaitu tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), implementasi (Implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Validasi kelayakan dilakukan dengan satu ahli media, dua ahli materi dan satu ahli bahasa. Uji lapangan terdiri dari uji coba sekala besar dan uji coba sekala kecil. Hasil dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-LKPD menggunakan liveworksheets pada pebelajaran tematik terhadap pemahaman peserta didik kelas IV SD/MI memperoleh rata-rata ahli media 80% di kategorikan sangat layak, rata-rata penilaian ahli materi 83,3% dikategorikan sangat layak, rata-rata penilian ahli bahasa 83,3% dikategorikan sangat layak. Sedangkan penilaian yang diberikan peserta didik tahap uji coba sekala besar 87% dan uji coba sekala besar 86% yang dikategorikan sangat layak. Hal ini menunjukkan E-LKPD menggunakan liveworksheets untuk meningkatkan pemahaman peserta didik layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Liveworksheets, Pengembangan E-Lkpd, Pemahaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:52
Last Modified: 26 Jan 2023 04:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22913

Actions (login required)

View Item View Item