IMPLEMENTASI TUGAS DAN WEWENANG BADAN KEHORMATAN DALAM PENEGAKAN KODE ETIK ANGGOTA DEWAN PERIODE 2019-2024 PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulang Bawang Barat)

Akbar, Dharma Putra (2023) IMPLEMENTASI TUGAS DAN WEWENANG BADAN KEHORMATAN DALAM PENEGAKAN KODE ETIK ANGGOTA DEWAN PERIODE 2019-2024 PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulang Bawang Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI AKBAR DHARMA PUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Badan Kehormatan merupakan salah satu alat kelengkapan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dimana lembaga yang berhubungan dengan system perintahan untuk hal-hal yang mengenai martabat dan kehormatan dari perwakilan rakyat baik yang ada di DPR RI maupun di DPRD. Perlu kita pahami bahwa keberadaan lembaga Badan Kehormatan untuk menjawab kebutuhan dari adanya arus reformasi yang menuntut adanya Perubahan, keberadaan lembaga ini sangat penting dan strategis dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya untuk menegakkan kode etik anggota dewan guna mewujudkan pemerintahan yang propesional dan bersih (Goodand Clean Governance). Berdasarkan latar belakang dirumuskan permasalahannya yaitu Bagaimana Implementasi Tugas Dan Wewenang Badan Kehormatan Dewan dalam penegakan kode etik anggota dewan periode 2019- 2024 Pada Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulang Bawang Barat. Dan Bagaimana Pandangan fiqh siyasah terhadap Tugas Dan Wewenang Badan Kehormatan Dewan dalam penegakan kode etik anggota dewan periode 2019-2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari tugas dan wewenang badan kehormatan dewan dalam penegakan kode etik anggota dewan dan untuk mengetahui tugas dan wewenang badan kehormatan dewan dalam penegakan kode etik anggota dewan dalam perspektif fiqh siyasah Pada Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulang Bawang Barat Periode 2019-2024. Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian terjun kelapangan, mempelajari, mencatat, menganalisa, menafsirkan dan melaporkan serta menarik simpulan dari proses tersebut. Kesimpulan Implementasi Tugas Dan Wewenang Badan Kehormatan Dalam Penegakan Kode Etik Anggota Dewan Periode 2019-2024 Perspektif Fiqh Siyasah belum sepenuhnya berjalan, karena adanya Rasa kekeluargaan dimana anggota badan kehormatan adalah bagian dari DPRD itu sendiri sehingga badan kehormatan iii sulit untuk menjalankan tugas dan wewenangnya. Selanjutnya penghambat lain adalah Masalah pribadi antar anggota DPRD. Pandangan fiqh siyasah terhadap Tugas Dan Wewenang Badan Kehormatan Dewan dalam penegakan kode etik anggota dewan periode 2019-2024 belum menjalankan Amanah yang akan menimbulkan mudharat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:56
Last Modified: 26 Jan 2023 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22904

Actions (login required)

View Item View Item