SISTEM PENGELOLAAN DANA ZAKAT INFAK DAN SHADAQAH MELALUI PROGRAM DESA TERNAK TERPADU PADA DAARUT TAUHID UNIT FAJAR BULAN LAMPUNG BARAT

Yusilawati, Karta (2023) SISTEM PENGELOLAAN DANA ZAKAT INFAK DAN SHADAQAH MELALUI PROGRAM DESA TERNAK TERPADU PADA DAARUT TAUHID UNIT FAJAR BULAN LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI YUSILAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeksripsikan tentang sistem pengelolaan dana zakat, infak, dan shadaqah melalui program desa ternak terpadu yang dilakukan oleh lembaga Daarut Tauhid Peduli unit Fajar Bulan Lampung Barat. penelitian ini dilakukan dengan pendekatan studi kasus, dimana penulis memperhatikan pengelolaan dana zakat, infak, dan shadaqah mulai dari penghimpunan, pendistribusian, dan pendayagunaan melalui program desa ternak terpadu Daarut Tauhid Peduli unit Fajar Bulan Lampung Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara (intervew), observasi, dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang akurat. Data yang didapatkan dari para responden terutama pimpinan dan divisi program lembaga Daarut Tauhid Peduli Unit Fajar Bulan beserta beberapa penerima program sebagai data primer adapun domuntasi sebagai data sekunder menjadi acuan penulis dalam mendeskripsikan sistem pengelolaan dana zakat, infak, dan shadaqah melaui program desa ternak terpadu pada Daarut Tauhid unit Fajar Bulan Lampung Barat. Berdasarkan hasil temuan dilapangan dari penelitian ini menunjukan tentang pengelolaan dana zakat, infak, dan shadaqah melalui program Desa Ternak Terpadu yang dilakukan oleh lembaga Daarut Tauhid Peduli Unit Fajar Bulan Lampung Barat berjalan dengan baik karena melalui proses yang telah ditetapkan yaitu di mulai dari penghimpunan dana yang dilakukan dengan berbagai media mulai dari sosialisai langsung terhadap masyarakat, media sosial, media cetak, dan melakukan kerjasama kemitraan sehingga dana yang dihasilkan bisa dikelola secara efektif dan efiesien, kemudian pendistribusian yang diberikan kepada mustahik yaitu dalam berbentuk hewan ternak kambing yang nantinya bisa dibudidayakan dan pendistribusian ini dilakukan oleh divisi program sebagai penanggung jawab program dengan melakukan survei terlebih dahulu untuk pengambilan data calon penerima program agar bisa disalurkan tepat dengan sasarannya yang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ada , dan pendayagunaan yang diberikan oleh pihak lembaga kepada penerima manfaat dalam pemberdayaan hewan ternak dengan memberikan pembinaan mulai dari standarisasi kandang, standarisasi pakan, ilmu pengelolaan ternak dan memberikan pendampingan penjualan melalui bank hewan yang memudahkan penerima manfaat dalam menjalankan program. Namun dalam pemberdayaan seharusnya bisa dimaksimalkan lagi seperti pemberdayaan kotoran kambing yang bisa dikelola menjadi pupuk organik. Kata Kunci : Pengelolaan, Program Desa Ternak Terpadu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:19
Last Modified: 26 Jan 2023 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22902

Actions (login required)

View Item View Item