KREATIVITAS GURU DALAM MENGENALKAN HURUF-HURUF HIJAIYAH DENGAN METODE IQRO’ KELOMPOK B DI TK DAARUL HIKMAH KOTABUMI UTARA LAMPUNG UTARA

SITI, NURJANAH (2023) KREATIVITAS GURU DALAM MENGENALKAN HURUF-HURUF HIJAIYAH DENGAN METODE IQRO’ KELOMPOK B DI TK DAARUL HIKMAH KOTABUMI UTARA LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL SITI NURJANAH .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kreativitas dalam pengelolaan setiap pengajaran sangat di perlukan. Kebutuhan akan kreativitas dalam penyelenggaraan pendidikan dewasa ini dirasakan merupakan kebutuhan setiap peserta didik. Karena perkembangan potensi masing-masing anak tidaklah sama. Guru memiliki tugas yang beragam yang berimplementasi dalam bentuk pengabdian salah satunya yaitu tugas guru sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar, dan melatih. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana kreativitas guru mengenalkan huruf-huruf hijaiyah dengan metode iqro‟ di TK Daarul Hikmah Kotabumi Utara?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru dalam mengenalkan huruf hijaiyah melalui metode iqra di TK Daarul Hikmah Kotabumi Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah 11 orang peserta didik dan guru kelas B di TK Daarul Hikmah Kotabumi Utara. Teknik pengumpul data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Dengan teknik analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru dalam mengenalkan huruf hijaiyah melalui metode iqra dilaksanakan dengan optimal. Dari pengamatan tersebut terdapat 2 anak mulai berkembang, 7 anak berkembang sesuai harapan dan 2 anak berkembang sangat baik. Adapun ukreativitas guru mengenalkan huruf hijaiyah melalu metode iqra yaitu dengan cara (1) kreativitas guru melakukan pencegahan yaitu dengan cara memberikan pemahaman dan bimbingan, (2) kreativitas guru melakukan pengembangan dengan cara menyiapkan media pembelajaran atau bahan ajar, berdo‟a sebelum kegiatan, bernyanyi islam dan materi penunjang iqra, guru memberikan contoh bacaan dan peserta didik menirukannya, anak melihat gerak gerik bibir guru dan sebaliknya guru melihat gerak gerik bibir anak, menulis huruf hijaiyah,dan guru mengajukan pertanyaanpertanyaan kemudian anak menjawab. (3) kreativitas guru melakukan penyembuhan yaitu dengan cara memberikan motivasi dan kesempatan kepada anak. Kata Kunci : Kreativitas Guru dan Metode Iqra ABSTRACT Creativity in the management of each teaching is needed. The need for creativity in organizing education today is felt to be a need for every student. the potential development of each child is not the same. Teachers have various tasks that are implemented in the form of dedication, one of which is the teacher's job as a profession which includes educating, teaching, and training. The formulation of the problem in this study is "how is the teacher's creativity in introducing hijaiyah letters with the iqro method" in TK Daarul Hikmah Kotabumi Utara?". The purpose of this study was to determine the teacher's creativity in introducing hijaiyah letters through the iqra method in TK Daarul Hikmah Kotabumi Utara. This study used a qualitative descriptive research type with 11 students and class B teachers at TK Daarul Hikmah Kotabumi Utara as subjects. Data collection techniques that the authors use in this study are observation, interviews and documentation. With data reduction analysis techniques, data presentation and drawing conclusions. Based on the results of the study it can be concluded that the teacher's creativity in introducing hijaiyah letters through the iqra method is carried out optimally. From these observations, 2 children began to develop, 7 children developed as expected and 2 children developed very well. As for the creativity of the teacher introducing hijaiyah letters through the Iqra method, namely by (1) the creativity of the teacher doing prevention, namely by providing understanding and guidance, (2) the creativity of the teacher carrying out development by preparing learning media or teaching materials, praying before activities, singing Islam and iqra supporting material, the teacher gives examples of reading and students imitate it, the child sees the teacher's lip movements and vice versa the teacher sees the child's lip movements, writes hijaiyah letters, and the teacher asks questions then the child answers. (3) the teacher's creativity in healing is by providing motivation and opportunities to children. Keywords: Teacher Creativity and Iqra Method

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:45
Last Modified: 26 Jan 2023 02:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22900

Actions (login required)

View Item View Item