PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AWARENESS TRAINING BERBANTUAN ICE BREAKING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF DITINJAU GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK

Rani, Fitria Ningsih (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AWARENESS TRAINING BERBANTUAN ICE BREAKING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF DITINJAU GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL RANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AWARENESS TRAINING BERBANTUAN ICE BREAKING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF DITINJAU GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK Pentingnya kemampuan penalaran adaptif dalam pembelajaran matematika sangat dibutuhkan peserta didik untuk menumbuhkan ide dan memahami konsep pembelajaran. Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 22 Bandar Lampung diketahui bahwa kemampuan penalaran adaptif peserta didik masih tergolong rendah, dapat diketahui dari hasil tes pada pra penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa hampir seluruh kelas VII memperoleh nilai di bawah KKM, sebanyak 8,3% peserta didik berada di atas KKM dan 91,6 % lainnya mendapatkan nilai kurang dari KKM. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasy experiment design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 22 Bandar Lampung, dengan teknik cluster random sampling sehingga terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2 dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data diperoleh dari instrumen tes dan dokumentasi. Data hasil tes kemampuan penalaran adaptif dan gaya kognitif di analisis dengan menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama.Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan taraf signifikan 0,05 H1A diterima, karena taraf signifikan pada model pembelajaran sebesar 0,025 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran awareness training berbantuan ice breaking, kelas yang menggunakan model pembelajaran awareness training maupun kelas yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning terhadap kemampuan penalaran adaptif peserta didik. HOB diterima, karena taraf signifikan pada kategori gaya kognitif sebesar 0,353 > 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan gaya kognitif field independent dan field dependent terhadap kemampuan penalaran adaptif peserta didik. HOAB diterima, karena taraf signifikan menunjukkan interaksi sebesar 0,378 > 0.05, sehingga dapat iii disimpulkan bahwa tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan gaya kognitif terhadap kemampuan penalaran adaptif peserta didik. Kata Kunci : Awareness Training, Ice Breaking, Gaya Kognitif, Penalaran Adaptif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2023 07:49
Last Modified: 25 Jan 2023 07:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22898

Actions (login required)

View Item View Item