ATIKAH, FAUZIYAH (2023) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK USIA 5-6TAHUN DI TK QURROTA A’YUN TELUK BETUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (5MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan Bercerita merupakan suatu bentuk kemampuan berbahasa. Bercerita merupakan salah satu cara berkomunikasi untuk melatih kemampuan anak belajar bahasa adalah melalui cerita, baik mendengarkan cerita anak dan juga meminta anak bercerita. Melalui bercerita seseorang mampu mengungkapkan bahasa, kemampuan berfikir, dengan menggunakan media gambar seri penulis dapat mengarahkan anak untuk bercerita dengan menggukan gambar yang ada di majalah dan buku gambar seri dengan ukuran A4. maanfaat menggunakan media Gambar seri adalah anak dapat rangkaian cerita. Pada setiap gambar diberi nomor urut sesuai dengan urutan jalannya cerita tersebut, dan juga dengan Gambar seri peserta didik dapat memperkaya kosa kata menjadi susunan kata yang penting dalam urutan cerita tersebut. Penelitian ini menggunakan Deskriptif Kualitatif dengan tujuan ingin melihat penggunaan media gambar seri untuk mengembangkan kemampuan bercerita anak di kelas B2 Taman Kanak-Kanak Qurrota A‟yun Teluk Betung Timur. Penelitian ini menggunakan subjek yaitu Guru kelas yang mengajar di kelas B2 dengan banyak nya peserta didik berjumlah 20 orang dan objek penelitian yang penulis gunakan mengembangkan kemampuan bercerita anak di Taman Kanak-Kanak Qurota A‟yun. Sumber data penelitian diperoleh dari tekhnik wawancara,observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan tekhnik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti melalui wawancara, observasi dan dokumentasi terlihat bahwa dari hasil penelitian menunujukkan bahwa ternyata guru belum optimal dalam penggunaan media gambar seri karena dalam langkah-langkah Penggunaan Media Gambar Seri guru belum melakukan penerapan gambar seri sesuai dengan gabungan teori Arsyad dan Izhar, masih ada beberapa langkah yang belum diterapkan yaitu guru tidak memberikan penjelasan tentang cara mengurutkan gambar seri dan guru tidak membimbing anak untuk menceritakan kembali susuanan gambar seri yang sudah diurutkan. Kata Kunci : Media gambar seri, Kemampuan, Bercerita. iii ABSTRACT Storytelling is a form of language ability. Storytelling is one way of communicating to train children's ability to learn language through stories, both listening to children's stories and also asking children to tell stories. Through storytelling, a person is able to express language, thinking skills, using serial picture media the author can direct children to tell stories by using pictures in magazines and series picture books with A4 size. the benefits of using the media Series picture is that children get a series of stories. Each picture is given a serial number according to the order in which the story goes, and also with serial pictures students can enrich vocabulary into important wordings in the story sequence. The purpose of this study is to use qualitative descriptive with the aim of looking at the use of serial image media to develop children's storytelling skills in class B2 TK Qurrota A'yun Teluk Betung Timur This study uses qualitative descriptive with the aim of looking at the use of serial image media to develop children's storytelling skills in class B2 Kindergarten Qurrota A'yun Teluk Betung Timur. This study uses the subject, namely the class teacher who teaches in class B2 with the number of students totaling 20 people and the object of research that the author uses is to develop children's storytelling skills in Qurota A'yun Kindergarten. Sources of research data obtained from interview, observation and documentation techniques. Data analysis was carried out by means of data reduction, data presentation and drawing conclusions. While the data validity technique uses triangulation techniques. Based on the results of research conducted by researchers through interviews, observations and documentation, it can be seen that the results of the study show that teachers have not been optimal in the use of serial image media because in the steps of using Series Image Media the teacher has not applied serial images in accordance with the combined theory of Arsyad and Izhar, there are still several steps that have not been implemented, namely the teacher does not provide an explanation on how to sort the series and the teacher does not guide the children to retell the ordered series of pictures. Keywords : Media picture series, Ability, Storytelling.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 07:31 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 07:31 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22896 |
Actions (login required)
View Item |