PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA PESERTA DIDIK KELAS V MIN 10 BANDAR LAMPUNG

Verginia, Putri Balqis (2023) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA PESERTA DIDIK KELAS V MIN 10 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI VERGINIA PUTRI BALQIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar tematik peserta didik masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar yang lebih baik melalui model Problem Based Learning dan model pembelajaran Numbered Head Together pada peserta didik kelas V MIN 10 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah Pre- experimental design. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas V MIN 10 Bandar Lampung yaitu sebanyak 90 peserta didik, dan sampel yang digunakan adalah teknik tes dan non tes, analisis data menggunakan independent sample t-test. Metode yang digunakan adalah Quasi eksperimental design dengan jenis Non-Probability sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V, teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 2 kelas yaitu kelas VA sebagai kelas ekperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan VB dengan menggunakan model penelitian Numbered Head Together. Teknik analisis data menggunakan uji Normalitas menggunakan Chi�Kuadrat, uji homogenitas dengan menggunakan uji F, dan dialnjutkan menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian analisis dan pembahasan dari data penelitian hasil uji normalitas dan uji homogenitas didapatkan hasil normal dan homogen, dan hasil hipotesis (uji-t) dengan hasil posttest thitung sebesar 9,258 dan ttabel sebesar 2,021 yang berarti thitung > ttabel Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar lebih baik antara model pembelajaran PBL dan model pembelajaran NHT peserta didik kelas V MIN 10 Bandar Lampung. Model PBL lebih baik dan efektif dibandingkan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar peserta didik kelas V MIN 10 Bandar Lampung. Kata Kunci : Hasil Belajar Tematik, Problem Based Learning, Numbered Head Together.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2023 07:18
Last Modified: 25 Jan 2023 07:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22892

Actions (login required)

View Item View Item