PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PERUMNAS WAY HALIM

M. SANDY, RAMANDHANI (2023) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PERUMNAS WAY HALIM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar adalah salah satu tolak ukur berhasilnya suatu proses pembelajaran dalam pendidikan. Keberhasilan proses pembelajaran sendiri dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah lingkungan belajar. Lingkungan belajar yang tepat akan menghasilkan hasil belajar yang maksimal. Oleh karena itu lingkungan belajar siswa sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa terutama pada siswa di kelas IV A SDN 2 Perumnas Way Halim Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa berpengaruh nya lingkungan belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV A di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Deskrif Kualitatif. Penelitian dilakukan dikelas IV SDN 2 Perumnas Way Halim Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan prosdur analisis data Miles dan Huberman. Dimana penelitian dimulai dari data collection, data reduction, data display, dan data conclusion (drawing/verifying). Hasil penelitia dilihat dari dokumen pembelajaran dan tanggapan para pelaku pendidikan dalam hal ini adalah peserta didik, wali murid, dan tenaga pendidik. Adapun temuan yang diperoleh adalah lingkungan belajar yang diterapkan disekolah dan ditunjang dengan berbagai media pembelajaran, berbagai macam karakter individu mampu memunculkan jiwa kerjasama, maupun kompetisi yang sehat. Hasil belajar yang diperoleh peserta didik melalui pembelajaran di lingkungan belajar yang tepat dapat meningkatkan tiga aspek penting dalam pembelajaran yaitu kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Sedangkan sistem pembelajaran yang dilaksanakan di luar lingkungan sekolah hanya terfokus pada peningkatan kemampuan kognitif peserta didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2023 07:18
Last Modified: 25 Jan 2023 07:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22891

Actions (login required)

View Item View Item