IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELFREINFORCEMENT UNTUK MENGATASIPRILAKU BULLYING PADAPESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 KALIANDA

MELIANA, RISTI S (2023) IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELFREINFORCEMENT UNTUK MENGATASIPRILAKU BULLYING PADAPESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 KALIANDA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

BSTRAK Dewasa ini kasus akibat kekerasan disekolah semakin marak ditemukan baik melalui media cetak atau yang kita lihat di televisi. Selain tawuran antar pelajar sebenarnya ada bentuk-bentuk perilaku agresif atau kekerasan yang mungkin sudah lama terjadi di sekolah�sekolah, namun tidak mendapat perhatian, bahkan mungkin tidak dianggap sesuatu hal yang serius fokus penelitian skripsi dengan judul “implementasi konseling individu dengan teknik self reinforcement untuk mengatasi prilaku bullying pada peserta didik” memiliki fokus penelitian ini ialah mempertimbangkan bagaimana implementasi konseling individu dengan teknik slef reinforcement. Maka penelitian ini memiliki sub-fokus penelitian sebagai berikut: Melihat prilaku bullying peserta didik di SMAN 1 Kalianda, Implementasi konseling individu dengan teknih self reinforcement dalam menangani prilaku bullying di SMAN 1 Kalianda dam Hasil implementasi prilaku bullying di SMAN 1 kalianda, rumusan masalah ini ialah Bagaimana Implementasi konseling individu teknik reinforcemenr untuk mengatasi prilaku bullying di SMA N 1 Kalianda, Bagaimpeserta dididkah bentuk perilaku bullying pesrta didik di SMA N 1 Kalianda, Bagaimana implementasi BK teknik reinforcement dalam prilaku bullying di SMA N 1 Kalianda. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metodologi penelitian berasal dari kata metode artinya cara yang tepat untuk melakukan sesuatu; dan logos yang artinya ilmu atau pengetahuan. Metode berisi tahapan-tahapan untuk mencapai tujuan dan bentuk pengorganisasian bahan, strategi penyampaian, dan pengolahan kegiatan. Jadi dapat dikatakan bahwa metodologi merupakan cara melakukan sesuatu dengan menggunakan fikiran secara seksama untuk mencapai suatu tujuan. Berdasarkan penemuan-penemuan peneliti dan analisis pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:Bimbingan konseling dipilih dalam sistem pendidikan di sekolah dilakukan dengan cara, yaitu memberikan layanan atau bantuan kepada peserta didik.Peran guru bimbingan konseling (BK) dalam mengatasi perilaku bullying peserta didik dilakukan dengan cara, bimbingan individual dan kelompok dengan menggunakan teknik self contractingFaktor pendukung dan penghambat bimbingan konseling dalam mengatasi perilaku bully dilakukan dengan cara, yaitu memberikan layanan aplikasi instrumen data secara khusus dan memberikan sarana dan prasarana yang tidak memadai. iii ABSTRACT Nowadays cases due to violence in schools are increasingly being found either through print media or what we see on television. In addition to brawls between students, there are actually forms of aggressive or violent behavior that may have occurred in schools for a long time, but have not received attention, may not even be considered something serious. overcoming bullying behavior in students" has the focus of this research is to consider how the implementation of individual counseling with self reinforcement techniques. So this study has a sub-focus of research as follows: Seeing the bullying behavior of students at SMAN 1 Kalianda, Implementation of individual counseling with self-reinforcement techniques in dealing with bullying behavior at SMAN 1 Kalianda and the results of implementing bullying behavior at SMAN 1 Kalianda, the formulation of this problem is How is the implementation of individual counseling on reinforcement techniques to overcome bullying behavior in SMA N 1 Kalianda, What is the form of bullying behavior for students at SMA N 1 Kalianda, How is the implementation of BK reinforcement techniques in bullying behavior at SMA N 1 Kalianda. This research method uses a qualitative approach. Research methodology comes from the word method which means the right way to do something; and logos which means knowledge or knowledge. The method contains the stages to achieve the objectives and forms of organizing materials, delivery strategies, and processing activities. So it can be said that methodology is a way of doing things by using the mind carefully to achieve a goal. Based on the findings of the researchers and the analysis in the previous chapter, it can be concluded as follows: Counseling guidance is selected in the education system in schools by providing services or assistance to students. Learning is done by means of individual and group guidance using self-contracting techniques. Supporting factors and obstacles for counseling guidance in overcoming bullying behavior is done by providing special data instrument application services and providing inadequate facilities and infrastructure

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2023 06:57
Last Modified: 25 Jan 2023 06:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22882

Actions (login required)

View Item View Item