PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI LITERASI MATEMATIS DALAM PERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCE BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA BUDAYA PALEMBANG

JULIA, ASTUTI (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI LITERASI MATEMATIS DALAM PERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCE BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA BUDAYA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2&dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of full skripsi Julia Astuti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi literasi matematis berdasarkan perspektif multiple intelligence berbasis etnomatematika pada budaya Palembang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D), dengan model Djemari Mardapi. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 MAN 1 Lampung Utara. Tahapan dalam penelitian ini yaitu menyusun spesifikasi tes, menulis soal tes, menelaah soal tes, melakukan uji coba, menganalisis butir-butir soal, memperbaiki tes, dan menafsirkan hasil tes. Hasil produk yang sudah di validasi oleh ahli materi dan ahli media medapatkan rata-rata skor yaitu 3,66 dan 3,59 dengan kriteria “valid” sehingga layak digunakan. Dari 60 butir soal yang terdiri dari 20 soal multiple linguistic, 20 soal multiple logical mathematical, dan 20 soal multiple visual-spasial yang sudah memenuhi kriteria yang akan digunakan untuk instrumen evaluasi literasi matematis dalam perspektif multiple intelligence berbasis etnomatematika pada budaya Palembang adalah 50 butir soal antara lain 17 butir soal multiple linguistic, 16 butir soal multiple logical mathematical, dan 17 butir soal multiple visual-spasial. Kata Kunci: Etnomatematika, Instrumen Evaluasi, Literasi Matematis, Multiple Intelligence. iv ABSTRACT This study aims to develop a mathematical literacy evaluation instrument based on the perspective of multiple intelligence based on ethnomathematics in Palembang Culture. Type this research is research and development (R&D), with the Djemari Mardapi model. The test subjects in this study in class XI MIA 1 North Lampung. Deep stages this research is compiling test specifications, writing tes questions, reviewing test questions, conducting trials, analyzing items, correcting tests, and interpreting test results. Product results already validated by material experts and media experts to get an average score namely 3,66 and 3,59 with the criteria of “valid” so it is feasible to use. Of the 60 questions consisting of 20 multiple linguistic questions, 20 questions multiple logical mathematics, and 20 multiple visual-spatial questions that already meet the criteria to be used for the instrument evaluation of mathematical literacy in the perspective of multiple intelligence based on ethnomathematics on Palembang culture is 50 items including 17 multiple lingiuistic items, 16 multiple logical-mathematical items, and 17 multiple visual-spatial items. Keywords: Ethnomathematics, Evaluation Instrument, Mathematical Literacy, Multiple Intelligence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2023 06:43
Last Modified: 25 Jan 2023 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22881

Actions (login required)

View Item View Item