PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDIT TRESNA ASIH BANDAR LAMPUNG

Nurhaliza, Syarif (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDIT TRESNA ASIH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_NURHALIZA_1811100310[2].pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Para ahli pendidikan sejak dulu hingga sekarang tidak berhenti meneliti model-model pembelajaran untuk mengembangkan dan meningkatkan proses pembelajaran, sangat terlihat bahwa selalu ada upaya berkesinambungan untuk menghasilkan model pembelajaran yang lebih baik lagi. Hasil dari pra penelitian di SDIT Tresna Asih Bandar Lampung siswa kelas IV diketahui bahwa hasil belajar masih banyak yang belum memenuhi standar KKM yang telah ditetapkan. Agar hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa meningkat maka dalam proses pembelajaran diperlukan suatu model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran somatic, auditory, visual dan intelektual (SAVI) pada siswa kelas IV di SDIT Tresna Asih Bandar Lampung . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran somatic, auditory, visual dan intelektual (SAVI) berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDIT Tresna Asih Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasy eksperimen design dengan tipe pretest dan posttest. Teknik dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non equivalent control grup design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tesberupa tes pilihan ganda, lalu dalam uji instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Dalam penelitian ini untuk uji analisis data menggunakan uji T. Berdasarkan hasil analisis an pengolahan data menggunakan ujihipotesis (uji-t), diperoleh dan dengan taraf signifikansi 5%. Kareena > maka diterima dan ditolak, hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran somatic, auditory, visual dan intelektual (SAVI) berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDIT Tresna Asih Bandar Lampung. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual dan Intelektual (SAVI) iii ABSTRACT Education experts from the past until now have not stopped researching model to develop and improve the learning process, it is very visible that there are always continuous efforts to produce better teaching model. The results of the pre- research at SDIT Tresna Asih Bandar Lampung for fourth grade students showed that there were still many earning outcomes that did not meet the specified KKM standards, so that students natural science (IPA) learning outcomes increase, in the learning process a learning model is needed. One of the learning models used is the somatic, auditory, visual and intellectual learning model in fourth grade at SDIT Tresna Asih Bandar Lampung. This study aims to determine the effect of the somatic, auditory, visual and intelectual learning models assisted with teaching aids on the results of learning science in class IV SDIT Tresna Asih Bandar Lampung. This research is a quantitative research with a quasy- experimental design method with pretest and posttes types, the technique in sampling in this study is the non- equivalent control group design, validity test, reliability test, difficulty level test, and distinguishing power test. In this study, to test data analysis using the T test. Based on the results of analysis and data processing using hypotesis testing (t�test). It was obtained that Tcount = 7.769 and Ttable = 2021 with a significance level of 5%. Because Tcount > Ttable, then H1 is accepted and H0 is rejected, this proves that there is a significant effect of the somatic, auditory, visual and intelectual learning models assisted with teaching aids on the results of learning science in class IV SDIT Tresna Asih Bandar Lampung. Keywords: Learning Outcomes, Somatic, Auditory Visual and Intelectual Models

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2023 06:32
Last Modified: 25 Jan 2023 06:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22880

Actions (login required)

View Item View Item