IMPLEMENTASI PENILAIAN SIKAP PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 5 BANDAR LAMPUNG

Aisyah, Siti (2017) IMPLEMENTASI PENILAIAN SIKAP PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 5 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_Siti.pdf]
Preview
PDF
Download (61MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penilaian sikap pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh guru di kelas VII-G SMP Negeri 5 Bandar Lampung. Untuk mengetahui implementasi penilaian sikap pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam oleh guru, maka peneliti mengumpulkan teori mengenai penilaian sikap dan juga teori tentang kriteria, prosedur dan teknik penilaian sikap. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, pokok sasaran dari pembelajaran adalah siswa dapat mempercayai ajaran Islam sehingga memiliki sikapsikap positif seperti beriman, bertakwa, sopan, santun, jujur, disiplin, bekerja keras, dan memiliki serta menerapkan semua sifat baik yang tercover dalam akhlakul karimah di kehidupannya. Namun selama ini, pelaksanaan program pembelajaran pada berbagai jenjang dan jalur pendidikan formal memberikan penekanan yang sangat menonjol pada domain kognitif. Domain afektif dan psikomotor agak terabaikan. Dampak yang terjadi, seperti yang menjadi sorotan masyarakat akhirakhir ini, lembaga-lembaga pendidikan menghasilkan lulusan yang kurang memiliki sikap positif sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat dan kurang terampil untuk menjalani kehidupan dalam kehidupan masyarakat lingkungannya. Penelitian yang dilakukan menghasilkan analisis akhir dari implementasi kriteria guru melihat beberapa peserta didik yang kurang tertarik terhadap pelajaran, prosedur penilaian sikap yaitu guru Pendidikan Agama Islam telah melaksanakan 7 dari 8 rambu-rambu penilaian sikap melalui teknik observasi dengan baik. Satu prosedur penilaian sikap belum dilakukan secara maksimal yaitu dalam menyampaikan kriteria penilaian dan indikator capaian sikap kepada peserta didik. Guru hanya menggunakan teknik observasi dalam penilaian sikap dan melakukan wawancara dengam mewawancarai peserta didik yang dirasa paling pintar dan rajin di kelas. Maka, dapat peneliti simpulkan bahwa penilaian sikap yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Bandar Lampung telah diimplementasikan dengan cukup baik dan dapat dipertanggung jawabkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Nov 2017 07:02
Last Modified: 17 Nov 2017 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2288

Actions (login required)

View Item View Item