HUBUNGAN SELF-EFFICACY TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN (Studi di Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung)

Gusty, Syaiim Framita (2023) HUBUNGAN SELF-EFFICACY TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN (Studi di Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Gusty Syaiim.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN SELF-EFFICACY TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL�QUR’AN (Studi di Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung) Oleh: Gusty Syaiim Framita Self-efficacy adalah keyakinan pada individu akan kemampuannya dalam mengerjakan tugas yang dipercayakan kepadanya. Menghafal Al-Qur’an adalah proses mengulang-ngulang bacaan dengan cara membaca dan mendengar yang baik, sehingga bacaan tersebut dapat melekat pada ingatan serta dapat diulang kembali tanpa melihat mushaf Al-Qur’an. Dalam menghafal Al-Qur’an terdapat beraneka macam kendala, mulai dari waktu yang tak tersedia untuk menghafal, kemampuan dalam menghafal, hilangnya hafalan yang sebelumnya sudah diperoleh, bahkan rasa malas dan kurang yakin pada kemampuan yang dimiliki, sehingga menjadi hambatan pada proses menghafal Al�Qur’an. Oleh karena itu, para santri memerlukan rasa keyakinan dalam diri guna memotivasi agar santri dapat menghafal Al-Qur’an dengan baik serta tepat pada waktu yang telah ditargetkan. Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara self-efficacy dengan motivasi menghafal Al-Qur’an. Penelitian dilakukan pada santri kelas X dan XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung sebanyak 55 santri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengumpulan sampel menggunakan sampling total. Metode pengumpulan data menggunakan 2 skala, yaitu skala self-efficacy sebanyak 15 aitem (α= 0.830) dan skala Motivasi Menghafal Al�Qur’an sebanyak 22 aitem (α= 0.856). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasional dengan bantuan software SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif signifikan antara self-efficacy terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an dengan koefisien r = 0.331 dan p = 0,000 (p < 0.005) dengan sumbangan efektif sebesar 57,5%. Sisanya 42,5% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa self-efficacy berdampak signifikan terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an, artinya semakin tinggi self-efficacy maka semakin tinggi pula motivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an, Begitupun sebaliknya, semakin rendah self-efficacy maka semakin rendah pula motivasi menghafal Al-Qur’an. Kata kunci: Self-Efficcacy, Motivasi Menghafal Al-Qur’an. ABSTRACT HUBUNGAN SELF-EFFICACY TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN (Studi di Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung) Oleh: Gusty Syaiim Framita Self-efficacy is the belief in an individual in his ability to do the task entrusted to him. In an effort to memorize the Al-Qur'an there are various kinds of obstacles, ranging from unavailable time for memorizing, ability to memorize, loss of memorization that has previously been obtained, even laziness and lack of confidence in one's abilities, so that it becomes an obstacle in the process of memorizing the Qur'an. memorize the Qur'an. Therefore, students need a sense of self-confidence to motivate students to memorize the Qur'an properly and at the right time. The purpose of this research is to find out whether there is a relationship between self-efficacy and motivation to memorize the Qur'an. The research was conducted on students of class X and XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Huffaz Lampung as many 55 students. The technique of taking respondents in this study used total sampling. The data collection method uses 2 scales, namely the self-efficacy scale of 15 items (α = 0.830) and the Motivational Scale of Memorizing the Qur'an of 22 items (α = 0.856). This study used quantitative methods and the technique of taking respondents used total sampling. The data collection method uses 2 scales, namely the self-efficacy scale of 15 items (α = 0.830) and the Motivational Scale of Memorizing the Qur'an of 22 items (α = 0.856). The analysis technique used is correlational analysis with the help of SPSS 21.0 for windows software. The results of the hypothesis test showed a significant positive relationship between self-efficacy and motivation to memorize the Qur'an with a coefficient of r = 0.331 and p = 0.000 (p <0.005) with an effective contribution of 57,5%. The remaining 42,5% is influenced by other factors not examined in this study. So it can be concluded that self-efficacy has a significant impact on motivation to memorize the Al-Qur'an, meaning that the higher the self-efficacy, the higher the motivation of the students in memorizing the Al-Qur'an, and vice versa, the lower the self-efficacy, the lower it is motivation to memorize the Qur'an. Keywords: Self-Efficacy, Memorization Motivation Al-Qur’an, Islamic Boarding School.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Akhlak dan Tasawwuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Akhlak dan Tasawwuf
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:39
Last Modified: 25 Jan 2023 03:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22872

Actions (login required)

View Item View Item