PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JUST IN TIME TEACHING BERBANTUAN NOTES TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILS (HOTS) DITINJAU DARI SELF ESTEEM SISWA SMA

FITA, DIANA PUTRI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JUST IN TIME TEACHING BERBANTUAN NOTES TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILS (HOTS) DITINJAU DARI SELF ESTEEM SISWA SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi_Fita 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi_Fita_Diana_Putri_1811050012.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Desain penelitian yang digunakan yaitu Posttest-Only Control dengan rancangan penelitian 2x3 . Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Purbolinggo tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari lima kelas dan dua kelas akan dipilih sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu matriks. Pengambilan data instrumen yang digunakan yaitu tes higher order thinking skill dengan 5 soal uraian dan angket self esteem dengan 25 butir pernyataan. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis variansi dua jalan dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 dan diperoleh hasil analisis hipotesis yang pertama nilai signifikansi = 0,00 maka HOA ditolak karena 0,00 < 0,05 , hipotesis kedua memperoleh nilai signifikansi = 0,00 maka HOB ditolak karena 0,00 < 0,05 dan hipotesis ketiga memperoleh nilai signifikansi = 0,342 maka HOAB diterima karena 0,342 > 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) terdapat perbedaan higher order thinking skill antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran just in time teaching berbantuan notes dengan model pembelajaran ekspositori. (2) terdapat perbedaan antara peserta didik yang memiliki kategori self esteem dengan kriteria tinggi, sedang, dan rendah terhadap higher order thinking skill. (3) tidak terdapat interaksi antara perlakuan model pembelajaran dan kategori self esteem terhadap higher order thinking skill. Kata Kunci : Just in Time Teaching, Notes, Higher Order Thinking Skill, Self Esteem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:33
Last Modified: 25 Jan 2023 03:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22870

Actions (login required)

View Item View Item