ANALISIS KESALAHAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA

DWI, YUNITA (2023) ANALISIS KESALAHAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DWI YUNITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pra-penelitian yang menginformasikan bahwa Kesalahan yang dilakukan siswa sebagian besar disebabkan sebab siswa mengalami kesulitan belajar. Kesulitan belajar ialah suatu kondisi dalam suatu proses belajar yang ditandai dengan adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar Dengan adanya kesulitan ini, menyebabkan siswa akan mengalami kesalahan dalam mengerjakan soal matematika. Kesalahan dalam mengerjakan soal matematika ialah penyimpangan yang dilakukan siswa terhadap penyelesaian soal yang benar. Metode penelitian yang dipakai ialah metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yakni 30 siswa kelas XII SMAN 7 Bandar Lampung yang kemudian dikelompokkan ke dalam tiga katagori yang didasarkan pada hasil pengisian angket oleh siswa. Ketiga kategori itu yakni siswa dengan kemmapuan disposisi matematis tinggi (T), siswa dengan kemampuan disposisi matematis sedang (S), dan siswa dengan kemampuan disposisi matematis rendah (R). Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan, peneliti memperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut (1) siswa dengan disposisi matematis tinggi dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah ternilai sangat baik. (2) siswa dengan disposisi matematis sedang, dapat menyelesaikan soal sesuai indikator tetapi siswa masih merasa kurang percaya diri. (3) siswa dengan disposisi matematis rendah, kurang mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Pemecahan Masalah, Disposisi Matematika. iii ABSTRACT This research is based on the results of pre-research which informs that the mistakes made by students are mostly caused by students having learning difficulties. Learning difficulties are a condition in a learning process that is characterized by certain obstacles to achieving learning outcomes. With this difficulty, students will experience errors in doing math problems. Errors in doing math problems are deviations made by students towards the correct solution of the problem. The research method used is a qualitative descriptive method with the research subject of 30 class XII students of SMAN 7 Bandar Lampung which are then grouped into three categories based on the results of filling out questionnaires by students. The three categories are students with high mathematical disposition ability (T), students with moderate mathematical disposition ability (S), and students with low mathematical disposition ability (R). Based on the research that has been done, the researchers obtained the following conclusions: (1) students with high mathematical disposition in solving problem solving problems were considered very good. (2) students with moderate mathematical disposition, can solve problems according to indicators but students still feel less confident. (3) students with low mathematical disposition, are less able to solve mathematical problem solving problems. Keywords: Error Analysis, Problem Solving, Mathematical Disposition.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:18
Last Modified: 25 Jan 2023 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22867

Actions (login required)

View Item View Item