LINGKUNGAN DAN ALAM SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS KELAS III SEKOLAH ALAM LAMPUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

ROHMIYATI, azwari (2022) LINGKUNGAN DAN ALAM SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS KELAS III SEKOLAH ALAM LAMPUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ROHMIYATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK LINGKUNGAN DAN ALAM SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS KELAS III SEKOLAH ALAM LAMPUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN Skripsi ini meneliti masalah lingkungan alam sekitar sebagai media pembelajaran IPS kelas III Sekolah Alam Lampung Tingkat dasar Kabupaten Lampung Selatan. Sekolah Alam Lampung merancang model pembelajaran alternatif yang disebut Belajar Asyik Bersama Alam. Ada dua masalah yang diangkat dalam penelitian Skripsi ini, tentang proses pembelajaran dan hasil pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ada dua, yaitu bagaimana pemanfaatan lingkungan dan alam sekitar sebagai media pembelajaran, dan bagaimana hasil pemanfaatan lingkungan dan alam sekitar tersebut bagi pembelajaran IPS kelas III. Adapun tujuan penelitian yakni untuk mengetahui media lingkungan apa saja yang digunakan sebagai media pembelajaran dan hasil penerapan media tersebut. Manfaat penelitian ini yakni menambah masukan di bidang media pembelajaran IPS. Sedangkan metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan tiga alat pengumpul data, yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. . Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan alam sebagai media pembelajaran IPS di Kelas III SD Alam Lampung sudah berjalan dengan baik, dari kegiatan persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Dalam perencanaan pembelajaran IPS guru (fasilitator) membuat Action Plan (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) . Action plan dibuat sebagai acuan dalam proses pembelajaran di Sekolah Alam. Action plan bertujuan untuk memudahkan fasilitator dalam proses pembelajaran di lingkungan atau di luar kelas. Dalam pelaksanaan pembelajaran IPS, guru (fasilitator) mempersiapkan sumber belajar yang akan dipakai, kemudian membawa semua peralatan yang akan dilaksanakan di lingkungan. Ada tiga jenis pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran IPS di kelas III Sekolah dasar Alam iii Lampung; yakni lingkungan sosial, lingkungan alam dan lingkungan buatan. Belajar di lingkungan sosial, lingkungan alam dan lingkungan buatan ini dianggap mengasyikkan bagi peserta didik, di mana guru (fasilitator) memberitahu kepada peserta didik tentang materi yang akan dipelajari pada hari itu dan kegiatan yang akan dilaksanakan. Kata kunci: Lingkungan dan alam sekitar, media pembelajaran IPS di Sekolah Alam Lampung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:49
Last Modified: 24 Jan 2023 07:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22860

Actions (login required)

View Item View Item