PENGARUH EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA DESA TERHADAP PENINGKATAN PELAYANAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Desa Fajar Baru, Kecamatan Panca Jaya, Kabupaten Mesuji)

Dwi, Iryani (2023) PENGARUH EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA DESA TERHADAP PENINGKATAN PELAYANAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Desa Fajar Baru, Kecamatan Panca Jaya, Kabupaten Mesuji). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of IRYANI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dana Desa yang bersumber dari APBN ditransfer melalui APBD Kabupaten/Kota untuk diprioritaskan ke dalam pelaksanaan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. BUM Desa (Badan Usaha Milik Desa) didirikan untuk menggerakkan perekonomian didesa dan/atau untuk meningkatkan pelayanan umum kepada masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Namun di Desa Fajar Baru sendiri BUM Desa tidak bergerak secara aktif. Hal ini dapat dilihat dari kondisi fisik gedung BUMDes sudah ditutup serta beberapa pembangunan yang diharapkan masyarakat banyak yang tidak terealisasi karena keterbatasan dana desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Efektivitas Penggunaan Dana Desa Terhadap Peningkatan Pelayanan Masyarakat Dalam Perspektif Islam (Studi Pada Desa Fajar Baru, Kecamatan Panca Jaya, Kabupaten Mesuji). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan penelitian lapangan dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji coba yang telah memenuhi syarat validitas dan reabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Efektivitas Penggunaan Dana Desa (X) berpengaruh secara signifikan terhadap Peningkatan Pelayanan Masyarakat (Y). Hal ini di buktikan dengan hasil nilai signifikansi (Sig) variabel efektivitas penggunaan dana desa adalah sebesar 0,036. Karena nilai Sig. 0,036 < probabilitas 0,05 (5%), maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Artinya terdapat pengaruh efektivitas penggunaan dan desa (X) terhadap peningkatan pelayanan masyarakat (Y). Kata Kunci : Penggunaan Dana Desa, Pelayanan Masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:45
Last Modified: 24 Jan 2023 07:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22859

Actions (login required)

View Item View Item