PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

Deby, Sintia Putri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL DEBY SINTIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Inovasi model pembelajaran diperlukan guna mendukung perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis dan berpikir kreatif. Model pembelajaran cooperative learning tipe Think Talk Write (TTW) merupakan model pembelajaran kooperatif yang dimulai dengan berpikir melalui bahan bacaan (menyimak, mengkritisi, dan alternatif solusi), hasil bacaannya dikomunikasikan dengan presentasi dan diskusi, kemudian membuat laporan hasil presentasi. Pada prosesnya peserta didik dipermudah dengan bantuan media question card. Tujuan penelitian ini yaitu (1) terdapat perbedaan antara pembelajaran cooperative learning tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan media question card dengan model pembelajaran Direct Instruction terhadap pemecahan masalah matematis dan berpikir kreatif peserta didik, (2) terdapat perbedaan antara model pembelajaran cooperative learning tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan media question card dengan model pembelajaran Direct Instruction terhadap pemecahan masalah matematis peserta didik, (3) terdapat perbedaan antara model pembelajaran cooperative learning tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan media question card dengan model pembelajaran Direct Instruction terhadap berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment Design dengan populasi seluruh peserta didik kelas VII SMP Gajah Mada Bandar Lampung. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah simple random sampling dimana kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe Think Talk Write (TTW) berbantua media question card dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang menggunakan model Direct Instruction. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan berpikir kreatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multivariate Analysis of Varians dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil uji, diperoleh nilai sehingga ditolak, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pembelajaran cooperative learning tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan media question card dengan model pembelajaran Direct Instruction terhadap pemecahan masalah matematis dan berpikir kreatif peserta didik. iii Berdasrkan perhitungan dapat dikatakan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan media question card lebih baik daripada model pembelajaran Direct Instruction terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan berpikir kreatif peserta didik. Kata kunci: Berpikir Kreatif, Pemecahan Masalah, Question Card, Think Talk Write

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:11
Last Modified: 24 Jan 2023 07:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22855

Actions (login required)

View Item View Item