HUBUNGAN ANTARA CURIOSITY DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK

Aprima, Astuti (2023) HUBUNGAN ANTARA CURIOSITY DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_APRIMA ASTUTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara curiosity dan kemandirian belajar terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis peserta didik, padahal kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik. Rendahnya kemampuan penalaran matematis peserta didik dikarenakan masih tingginya tingkat ketergantungan belajar pada guru, rendahnya usaha untuk menambah wawasan, dan masih banyak peserta didik yang kurang tertarik terhadap matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 22 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling yang kemudian diperoleh 3 kelas kelompok sampel, yaitu kelas VIII A, VIII B, dan VIII D. Penentuan jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 76 peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu 28 item butir angket curiosity, 24 item butir angket kemandirian belajar dan tes kemampuan penalaran matematis yang berupa soal uraian yang berjumlah 6 soal. Hasil penelitian diperoleh bahwa, pada hipotesis pertama yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara curiosity dengan kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan perolehan nilai korelasi product moment sebesar 0,907. Hipotesis kedua yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan perolehan nilai korelasi product moment sebesar 0,752. Hipotesis ketiga yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara curiosity dan kemandirian belajar secara bersama sama terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,914. Kata Kunci: Curiosity

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:08
Last Modified: 24 Jan 2023 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22854

Actions (login required)

View Item View Item