PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PROGRAM BADAN USAHA DESA (BUMDES) DESA SABAH BALAU KECAMATAN TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATA

Lekat, Fitri (2023) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PROGRAM BADAN USAHA DESA (BUMDES) DESA SABAH BALAU KECAMATAN TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Lekat Fitri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Secara umum masyarakat pedesaan memiliki tingkat kehidupan dan kesejahteraan yang rata-rata ekonomi menengah kebawah. Realitas dimasyarakat sangat kekurangan sarana dan prasarana yang mampu untuk membangun desa. Masalah-masalah yang sering muncul dimasyarakat adalah masalah ekonomi masyarakat diantaranya produksi, distribusi dan konsumsiyang merupakan sebagai usaha individu/kelompok. Salah satu faktor penting solusi masalah kemiskinan yang ada di masyarakat adalah dengan melakukan pemberdayaan yang bertolak dari bawah keatas. Menyikapi kegagalan-kegagalan yang sering dialami pemerintah dalam melakukan pengetasan kemiskinan, muncul gerakan-gerakan sosial yang mengatas namakan masyarakat lapisan bawah. Mereka konsen pada pengembangan masyarakat dengan melakukan pemberdayaan (empowerment) masyarakat dan peningkatan kualitas hidup manusia atau peningkatan harkat dan martabat manusia. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana proses pelaksanaan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Program Badan Usaha Desa (BUMDES) desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pemberdayaan yang dilakukan Badan Usaha Desa sehingga masyarakat mampu mengelola Budidaya Ikan Lele untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Desa Sabah Balau. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, bersifat deskriptif yaitu menggambarkan gambaran lengkap yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk pengambilan sampel 7 orang. Adapun tehnik pengumpulan data peneliti menggunakan metode interview, metode observasi, dan metode dokumentasi. Teknis analisis datanya tediri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemberdayaan melalui program Badan Usaha Desa (BUMDES) dengan membuka unit usaha yang merupaka kebutuhan mutlak masyarakat, yaitu dengan membuka usaha budidaya ikan lele. Hasil dari penelitian ini dengan hadirnya BUMDES mampu jadi solusi efektif dalam memobilisasi potensi yang dimiliki masyarakat dengan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. KATA KUNCI: Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Proses Pemberdayaan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2023 06:55
Last Modified: 24 Jan 2023 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22852

Actions (login required)

View Item View Item