ANALISIS HAMBATAN GURU PENGGERAK DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DI SDIT PERMATA BUNDA III

FIKI, WIDIAWATI (2023) ANALISIS HAMBATAN GURU PENGGERAK DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DI SDIT PERMATA BUNDA III. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi oleh perubahan kurikulum yang di umumkan oleh kemendikbut Nadiem Makarim tentang “Merdeka Belajar” yang di sampaikan pada hari guru nasional, gagasan ini menurut suatu langka strategis dan inovatif, sekaligus tantangan besar dalam dunia pendidikan Indonesia. Selama ini tujuan pemerintah adalah menciptakan pendidikan yang berkualitas. Kemendikbud menyinggung tentang guru penggerak yaitu guru yang mengutamakan murid dan pembelajaran untuk murid, sehingga dalam mengambil tindakan tanpa di suruh dan di perintah. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan guru penggerak dalam proses pembelajaran di SDIT Permata Bunda III, Sukabumi, Bandar Lampung. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi langsung ke lapangan dan wawancara dengan guru penggerak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru penggerak berjalan dengan baik, pada tahap perencanaan pembelajaran guru penggerak melakukan asesmen diagnostik nonkognitif. Kemudian guru penggerak menyiapkan RPP dan modul ajar, yang membedakan RPP guru penggerak yaitu adanya perencanaan untuk pembelajaran diferensiasi. Pada pelaksanaan pembelajaran guru penggerak menggunakan pembelajaran diferensiasi, pembelajaran sosial emosional, penerapan budaya positif, dan aktif. Pada tahap evaluasi pembelajaran untuk guru penggerak yang mengajar di kelas III yang menggunakan kurikulum 2013. Kesimpulan penelitian ini yaitu proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru penggerak berjalan dengan baik, terdapat berbagai macam pembelajaran yang dilakukan guru penggerak kepada peserta didik dalam proses pembelajaran agar terwujudnya pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dari hasil penelitian ini, maka disarankan bagi sekolah hendaknya memberikan sosialisasi dan motivasi agar kedepannya lebih banyak guru yang mengikuti program guru penggerak dari Kemendikbud dan banyak guru-guru yang nantinya bisa menjadi guru penggerak sehingga kualitas pembelajaran semakin meningkat. Kata Kunci: Hambatan, Guru Penggerak,Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2023 05:02
Last Modified: 24 Jan 2023 05:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22850

Actions (login required)

View Item View Item