PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING, MIND MAPPING AND SHARING (RMS) DENGAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK

MELYNIA, KESUMA PUTRI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING, MIND MAPPING AND SHARING (RMS) DENGAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI MELY - SIAP CETAK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Literasi matematis merupakan suatu kemampuan yang dibutuhkan dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga literasi matematis dapat membantu peserta didik untuk mengidentifikasi dan memahami peran matematika dalam dunia nyata. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis peserta didik SMP Negeri 1 Seputih Surabaya masih rendah, hal ini ditunjukkan oleh hasil tes kemampuan literasi matematis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reading, Mind Mapping, and Sharing (RMS) dengan metode brainstorming terhadap kemampuan literasi matematis ditinjau dari literasi digital peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan metode penelitian Quasi Experimental Design dengan desain faktorial 3 × 3. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Seputih Surabaya dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen 2 dan kelas VIII�4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan literasi matematis dan angket literasi digital. Uji prasayarat yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan menggunakan taraf signifikansi 0,05 berbantuan program IBM SPSS statistics 25. Berdasarkan perhitungan analisis variansi dua jalan diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran RMS dengan metode brainstorming, model pembelajaran RMS dan model pembelajaran direct instruction terhadap kemampuan literasi matematis, (2) terdapat pengaruh peserta didik yang memiliki literasi digital kategori tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan literasi matematis, (3) tidak terdapat interaksi antara perlakuan model pembelajaran dan kategori literasi digital terhadap kemampuan literasi matematis. Kata Kunci: Model Pembelajaran RMS, Metode Brainstorming, Kemampuan Literasi Matematis, Literasi Digital

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:44
Last Modified: 24 Jan 2023 04:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22849

Actions (login required)

View Item View Item